26.1 C
Pare-Pare
Saturday, May 25, 2024
spot_img

Upaya Akselerasi Transformasi, digital, PAM Tirta Karajae Gelar Web-Geographic Information System (WebGis)

PAREPARE, RADIOMESRA. COM – Perumda Air Minum (PAM) Tirta Karajae mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Pembangunan System Informasi Jaringan Perpipaan Dan Pelanggan Berbasis Web-Geographic Information System (WebGIS) selama dua pekan yaitu tanggal 10-24 Juli 2023 bertempat di Ruang Pelatihan Instalasi Pengolahan Air Salo karajae.

Pelatihan Pembangunan System Informasi Jaringan Perpipaan Dan Pelanggan Berbasis Web-Geographic Information System (WebGIS) di laksanakan dengan menggandeng Bimasakti Altera dengan Pemateri Bimasakti Altera, I Gede Pande (Bagian Akademik) dan Putu Budi (Bagian Implementasi).

Pada media I Gede Pande mengungkapkan peserta pelatihan di latih agar dapat melakukan digitalisasi peta jaringan pipa serta aset aset lapangan Pam Tirta Karajae untuk di petakan secara digital pada sistem web-gis.

“Jadi hasil dari pelatihan Q-Gis yang dilakukan bersama dengan tim dari Bima sakti altera adalah, yang pertama tim perencanaan atau peserta pelatihan Q-Gis itu dapat melakukan digitalisasi terhadap peta jaringan pipa yang ada dari PDAM kota Parepare, lalu juga aksesoris, dan juga aset-aset yang ada di lapangan dapat dipetakan secara digital. Yang nantinya akan dapat dimanfaatkan ke arah Web-Giz. Jadi ketika nanti dari data Q-Gis sudah diarahkan menjadi Web-Giz nantinya, seluruh tim yang ada di PDAM dapat memanfaatkan data Gis. Semisal contoh bagian hubungan langganan ketika menerima pendaftaran itu tidak perlu menanyakan kepada tim perencanaan apakah di daerah si calon pelanggan itu sudah terdapat jaringan atau belum, jadi bagian hubla nanti dapat langsung mengecek di Web giz.” Jelas Gede.

Gede menambahkan pelatihan Q-Gis selain melakukan digitalisasi ketika data dan informasi sudah divisualisasikan jadi PDAM dapat memiliki informasi tambahan secara visual

“Selain itu, manfaat dari dilakukannya pelatihan Q-Gis selain melakukan digitalisasi, ketika data dan informasi sudah divisualisasikan, jadi PDAM dapat memiliki informasi tambahan secara visual terkait zona pelayanan, terkait jaringan di lapangan, atau rencana rencana pengembangan ke depan dari data yang sudah ada saat ini.” Terang Gede.

Direktur PAM Tirta Karajae Andi Firdaus Djollong, mangatakan pelatihan webgis merupakan upaya dalam akselerasi transformasi digital dengan memberikan pelatihan bagi para karyawan termasuk tukang ledeng dilapangan.

Most Popular

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
  • https://radioku.my.id:8243/mesra
  • Radio Mesra Parepare