Sabtu, Februari 4, 2023

Kepesertaan Anggota JKN Wajib Untuk Setiap Warga Negara

PAREPARE, RADIOMESRA. COM – Di dalam undang-undang 24 di dalamnya diatur bahwa seluruh warga Indonesia wajib menjadi peserta JKN kalau tidak menjadi peserta JKN ada sangsinya sudah diatur dalam peraturan pemerintah nomor 86 tahun 2013. Hal tersebut diungkapkan kepala Cabang BPJS Kesehatan Parepare Natalia Panggelo pada dialog khusus BPJS di Radio Mesra Kamis (09/06/22).

“Bahwa masyarakat Indonesia yang tidak menjadi peserta JKN ada sangsinya antara lain sangsinya adalah tidak mendapatkan pelayanan publik. Contohnya ketika mengurus IMB itu tidak bisa, tidak bisa membuat perusahaan. Dalam regulasi yang terbaru dikeluarkan terkait dengan PP 86 ini ada instruksi presiden nomor 1 tahun 2022 plus 30 kementerian lembaga pelayanan publik yang memberikan pelayanan publik bahwa ketika akan mendapatkan layanan publik harus memastikan bahwa masyarakat tersebut memiliki kartu JKN yang aktif.”Kata Natalia.

Lanjut Natalia, dirinya lanjut mencontohkan, contohnya berlaku saat ini ketika masyarakat mengurus sertifikat tanah pasti di BPN atau notaris sudah mengecek kartunya aktif atau tidak. Sekarang sementara proses pengurusan SIM dan STNK itu juga sudah ada surat Kapolri menindaklanjuti peraturan presiden bahwa semua yang mengurus SIM dan STNK harus melampirkan kartu JKN yang aktif dan lain-lain. Instruksi presiden semua yang akan umroh haji harus menunjukkan kartu JKN yang aktif sudah keluar surat dari kementerian pendidikan bahwa lembaga-lembaga pendidikan harus memastikan bahwa seluruh tenaga pendidik maupun tenaga pendukung aktif dan menginstruksikan kepada orang tua bahwa memastikan kartu anaknya aktif.

“Mungkin minggu depan kami akan koordinasi dengan pemerintah daerah untuk mengundang seluruh lembaga pendidikan menindaklanjuti instruksi menteri. Hanya saja sampai saat ini masih ada yang belum mendaftar tapi itu ada sanksinya. Kami terus koordinasi dengan pemerintah daerah supaya semua penduduk kota Parepare yang tidak mampu bisa menjadi tanggungan pemda.” terang Natalia

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,696PengikutMengikuti
20,500PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

  • https://radiomesra.com:8183/mesra
  • Radio Mesra Parepare