26.1 C
Pare-Pare
Saturday, May 25, 2024
spot_img

Wawali Parepare Hadiri Apel Siaga Pemprov Sulsel

MAKASSAR, RADIOMESRA. COM — Wakil Wali Kota Parepare, H Pangerang Rahim mewakili Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe menghadiri Apel Siaga bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Polda Sulawesi Selatan di Halaman Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, Jl Sungai Tangka Nomor 13, Kota Makassar, Senin (28/08/23). Apel digelar dalam rangka pelaksanaan Gerakan Nasional Penanganan Dampak El Nino di Provinsi Sulawesi Selatan.

Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman bertindak selaku inspektur upacara. Andi Sudirman menegaskan bahwa dampak dari El Nino perlu diwaspadai lantaran dapat memicu kekeringan di sejumlah wilayah Provinsi Sulawesi Selatan.

“Dampak El Nino ini cukup besar terutama di bidang pertanian karena ketersediaan air untuk cadangan irigasi pertanian. Persoalan yang paling mendasar adalah masih banyak tanaman yang masih membutuhkan air saat ini,” kata Andi Sudirman.

Mengantisipasi hal itu, kata Andi Sudirman, dibutuhkan langkah-langkah konkret dan peran semua pihak baik TNI, Polri dan jajaran pemerintah daerah untuk ikut andil dalam mencegah dan mengatasi dampak kerugian yang timbulkan El Nino. Adapun langkah-langkah yang akan dilakukan yaitu perbaikan jaringan irigasi tingkat usaha tani.

“Kemudian program bantuan mandiri benih 100 ribu hektare, kemungkinan akan kita lakukan percepatan penyalurannya dengan melihat kondisi cuaca. Selanjutnya benih-benih yang diambil yang tahan kekeringan dengan umur tertentu bisa survive,” ungkapnya.

Langkah selanjutnya yakni pencarian sumber sumber air yang bisa dimanfaatkan untuk pertanian, pemerintah daerah diminta untuk menetapkan wilayah kedaruratan dan pemanfaatan sumber air tanah dangkal dan air permukaan dengan bor.

Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim mengapresiasi apa yang disampaikan oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman. Dia mengemukakan, dampak El Nino patut diwaspadai karena menyangkut kehidupan masyarakat, baik dalam segi ekonomi maupun pada sisi lainnya.

“Pemerintah Kota Parepare akan menindaklanjuti apa yang menjadi arahan Bapak Gubernur Sulawesi Selatan, Semoga dampak El Nino ini dapat kita antisipasi sehingga masyarakat tidak mengalami kesulitan dalam kehidupannya,” harap Pangerang.

Most Popular

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
  • https://radioku.my.id:8243/mesra
  • Radio Mesra Parepare