28.9 C
Pare-Pare
Thursday, June 20, 2024
spot_img

Tim Audit Pusat Standarisasi dan Kelembagaan Informasi Geospasial Lakukan audit kinerja PSKIG BIG Parepare

PAREPARE, RADIOMESRA. COM — Tim Audit Pusat Standarisasi dan Kelembagaan Informasi Geospasial Badan Informasi Geospasial (BIG) melakukan audit kinerja pada PSKIG BIG Parepare. Audit kinerja sekaligus Rapat Koordinasi Simpul Jaringan Informasi Geospasial Daerah (SJIGD) ini berlangsung di ruang rapat Bappeda Kota Parepare, Rabu, (23/08/23)

Plt Kepala Bappeda Parepare, Zulkarnaen Nasrun pada tim liputan jelajah kota radio mesra Kamis (24/08/23) yang menerima Tim BIG mengatakan, Pemerintah Kota Parepare telah mendapatkan pendampingan dari Badan Informasi Geospasial (BIG) dan Pusat Pengembangan Infrastruktur Informasi Geospasial (PPIG) Unhas pada 2021 dan 2022.

“Rabu tanggal 23 Agustus tahun 2023, pemerintah kota Parepare melalui Bappeda kota Parepare menerima tim audit pusat standarisasi dan kelembagaan informasi Geospasial badan informasi Geospasial atau BIG. Kedatangan tim audit ini, dalam rangka mengaudit kinerja pelaksanaan sistem informasi jaringan Geospasial daerah di kota Parepare. Perlu kami sampaikan bahwa, badan informasi Geospasial dan pusat pengembangan infrastruktur informasi Geospasial yang berada di Unhas dalam mengadakan pendampingan kinerja mulai pada tahun 2021 dan 2022 .” Kata Zulkarnaen.

Lanjut Zulkarnaen, pemerintah kota Parepare melalui Bappeda telah menyusun data secara spasial yang dipergunakan dalam rangka penetapan pelaksanaan perencanaan wilayah dengan melakukan pelaksanaan simpul jaringan. Jaringan informasi Geospasial daerah ini atau selanjutnya disebut dengan jaringan informasi Geospasial adalah merupakan suatu sistem penyelenggaraan pengelolaan informasi yang spesial secara tertib terukur dan terintegrasi dan berkesinambungan serta berguna sesuai dengan daerah Nantinya.

“kami sampaikan juga bahwa, pelaksanaan simpul jaringan ini mengatur terkait dengan kelembagaan sumber, daya manusia dan teknologi. Beberapa daerah juga melakukan hal tersebut yang didampingi oleh BIG dan Unhas. Untuk di Sulawesi Selatan itu mendapat kepemimpinan adalah kabupaten Sidrap. Kalau di kota Parepare sudah ditetapkan tim pengelola simpul jaringan informasi Geospasial berdasarkan SK walikota Parepare nomor 556 tahun 2022, dan ditambah lagi dengan peraturan walikota Parepare nomor 18 tahun 2022 tentang simpul jaringan Geospasial daerah kota Parepare.,” Jelas Zulkarnaen.

Tambah Zulkarnaen, pada saat sekarang parepare telah memiliki data spasial dalam bentuk save file sebanyak 17 SKPD dan sudah terupload dalam portal kota Parepare dengan 576 layar dan ini bisa diakses oleh siapapun dan yang penting masuk dalam link dari BIG dengan adanya aktivitas ini Pemerintah kota Parepare telah mendapatkan penghargaan dari badan informasi Geospasial dan terima langsung oleh walikota Parepare tahun lalu tahun 2022 selanjutnya bahwa pelaksanaan Geospasial ini merupakan hal yang baru dalam melaksanakan proses perencanaan ini memudahkan dalam menilai pengelola sumber daya alam yang berkelanjutan dan data-data informasi terkait dengan keberadaan dan situasi kondisi yang terbaru.

“Dari apa yang kita rencanakan sehingga pada saat perumusan fungsi rencana. Dan pelaksanaan perencanaan nantinya, itu sudah bisa langsung by name by address dan langsung terlihat dalam peta yang sudah terdelinasi. Jadi data dari informasi Geospasial ini sangat terlihat keterkaitannya adalah fungsi lokasi pembangunan sektor sampai dengan tingkat koordinat petanya, sehingga memudahkan dalam melakukan senkronisasi proses perencanaan pembangunan.” Tambah Zulkarnaen.

Most Popular

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
  • https://radioku.my.id:8243/mesra
  • Radio Mesra Parepare