29.4 C
Pare-Pare
Monday, April 15, 2024
spot_img

Gandeng Disduk, BI Gelar Training of Trainer (ToT) Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah

PAREPARE, RADIOMESRA. COM – Bank Indonesia (BI) menggandeng Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Training of Trainer (ToT) Cinta, Bangga, Paham (CBP) Rupiah. Kegiatan itu dihadiri Kepala Sekolah dan para perwakilan guru, baik di jenjang SD, SMP, maupun SMA/SMK sederajat. ToT digelar di aula kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, Kamis, (10/08/23).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, H Makmur. Kegiatan ini bertujuan untuk mencetak para guru sebagai trainer, baik untuk siswa-siswanya, maupun pada komunitas, profesi, sosial, kemasyarakatannya.

“Kami dipercayakan menjadi pelaksana kegiatan sebagai tuan rumah kegiatan  cinta, bangga terhadap rupiah. Cinta bangga paham rupiah itu adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia. Alhamdulillah hadir pada kesempatan ini direktur Bank Indonesia PC Sulsel beserta kepala unit Bank Indonesia itu hadir semua dan insya Allah akan memberikan materi bagaimana kita cinta terhadap rupiah dengan keunggulan-keunggulannya, Dan Kita paham bagaimana proses pencetakan uang di Indonesia itu akan diberikan pada kesempatan ini. dan Kami berharap tentu pengetahuan yang didapatkan oleh teman-teman guru itu berlanjut ke ruang kelas, dan memperkaya pengetahuan mereka serta bisa mensosialisasikan pada masyarakat umum,” papar H Makmur.

Harapan yang sama juga disampaikan oleh Direktur Eksekutif Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulsel, Rudy B. Wijanarko.

“Kegiatan sosialisasi cinta bangga bahan rupiah kepada guru. Karena guru adalah ujung tombak pendidik generasi muda Indonesia. kami ingin mengenalkan cinta rupiah sedini mungkin kepada semua siswa khususnya di Sulawesi Selatan. Harapannya nanti, konsep cinta bangga rupiah ini akan bisa disebar luaskan lagi karena ini adalah training of trainer, harapannya semua peserta menjadi trainer bagi peserta lainnya buat teman-teman, atau anak didiknya sehingga konsep cinta bangga bahan rupiah ini lebih dikenal luas lagi di masyarakat ,” Tekan Rudy B. Wijanarko.

Kegiatan ToT ini mengusung tema “Optimalkan potensi guru melalui literasi digital untuk internalisasi peran rupiah dalam perekonomian di dunia pendidikan”. Ia juga memaparkan kebanggaan terhadap rupiah sebagai salah satu mata uang yang telah mendapat penghargaan karena keindahan dan keragaman budaya yang terpampang pada uang rupiah.

Selain ToT, pada kesempatan itu Rudy B Wijanarko juga menyampaikan teknis lomba konten kepada para peserta ToT dengan hadiah jalan-jalan untuk ke percetakan rupiah, hingga jalan-jalan ke tempat wisata yang tertera ke dalam gambar uang rupiah, salah satunya di Raja Ampat. (*)

Most Popular

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
  • https://radioku.my.id:8243/mesra
  • Radio Mesra Parepare