28.7 C
Pare-Pare
Sunday, July 14, 2024
spot_img

STAI DDI Parepare Kedatangan Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi

PAREPARE, RADIOMESRA. COM – Sekolah Tinggi Agama Islam Darud Da’wah Wal-Irsyad (STAI DDI) Kota Parepare kedatangan Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yaitu Dr. Shodiq Abdullah, M.Ag dan Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag, Jum’at (04/08/23). Kedatangan tim asesor tersebut disambut dengan tarian adat Sulawesi Selatan serta pengalungan lipa’ sabbe atau kain tenun khas Sulawesi Selatan di pelataran STAI DDI Parepare.

Pada penyambutan tersebut dihadiri langsung oleh Ketua STAI DDI Parepare, Muh Djunaidi, Ketua Yayasan DDI, H Zainal Arifin beserta pejabat-pejabat kampus STAI DDI Parepare. Saat ditemui langsung oleh awak media, tim asesor Shodiq Abdullah menjelaskan jika akreditasi merupakan satu bentuk pertanggungjawaban akuntabilitas dari lembaga kepada masyarakat.

“Baik.yang pertama kami garis bawahi bahwa, akreditasi ini merupakan satu bentuk pertanggungjawaban akuntabilitas dari lembaga kepada masyarakat. Memang secara yuridis, akreditasi ini diwajibkan menurut undang-undang tentang pengelolaan perguruan tinggi, tetapi secara substansial ini adalah bentuk kesadaran sebagai sebuah lembaga untuk mempertanggungjawabkan kepada masyarakat. Maka, ini kemudian menjadi salah satu semacam persyaratan, menjadi indikator, apakah perguruan tinggi itu sehat kemudian diperkenankan oleh pemerintah untuk menyelenggarakan kegiatan pendidikan termasuk di dalamnya sampai wisuda.” Kata Shodiq Abdullah

Lanjut Shodiq Abdullah yang juga Dosen dari Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang,, kalau belum terakreditasi maka lembaga itu tidak boleh mengeluarkan ijazah termasuk didalamnya sampai wisuda kemudian sambung Shodiq Abdullah yang kedua terkait dengan akreditasi institusi di STAI DDI ini melihat dari perkembangan dari laporan yang disampaikan kepadanya dan kemudian melihat semangat pengurus yang ada di STAI DDI juga informasi yang disampaikan dalam forum pembukaan tadi nampaknya kata-kata yang sudah disampaikan ada tanda-tanda kehidupan itu merupakan satu pertanda yang positif.

“Mudah-mudahan nanti, setelah saya secara pribadi atau kami dari tim asesor melakukan pengamatan, observasi, wawancara, yang lebih detail, mudah-mudahan bisa mendukung apa yang tadi disampaikan oleh bapak-bapak terutama pimpinan dan yayasan yang ada. Mudah-mudahan begitu, kita semua tentu berharap secara personal, saya sebagai akademisi ataupun sebagai warga yang turut berada di dalam penyelenggaraan lembaga pendidikan tinggi tentu akan sangat berharap bahwa lembaga-lembaga pendidikan tinggi yang ada, termasuk di dalamnya STAI DDI ini akan terus meningkat kualitas penyelenggaraannya.” Harap Shodiq Abdullah

Most Popular

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
  • https://radioku.my.id:8243/mesra
  • Radio Mesra Parepare