27.1 C
Pare-Pare
Thursday, April 18, 2024
spot_img

Kuota Haji 2023 Terbit, Kemenag Parepare Tunggu Keputusan Gubernur 

PAREPARE, RADIOMESRA. COM – Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) telah mengumumkan jumlah kouta haji tahun 2023 yaitu sebanyak 221.000. Pengumuman tersebut diinformasikan setelah Menag Yaqut Cholil Qoumas dan Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Saudi, Tawfiq F Al Rabiah menandatangani terkait Penyelanggaraan Ibadah Haji 1444 H/2023 M di Jeddah, Ahad lalu (08/02/23)

Tahun ini, kata Menag, Indonesia mendapatkan kouta sebanyak 221.000 jemaah dengan rincian: 203.320 jemaah haji reguler, dan 17.680 jemaah haji khusus. Adapun untuk petugas, tahun ini kita mendapat 4.200 kuota sesuai kesepakatan dengan pemerintah otoritas Saudi. Sementara itu, Kemenag Parepare belum bisa memastikan jumlah kouta haji karena belum adanya regulasi ke kabupaten/kota.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Parepare, M. Hasyim Usman mengatakan kouta haji yang telah terbit dari Kemenag hanya secara nasional, belum ada pembagian ke provinsi hingga ke daerah.

“Terkait dengan kuota haji RI tahun ini Insya Allah telah keluar berdasarkan dari MOU atau kesepakatan antara kementerian agama pemerintah kita dan kementerian haji Arab Saudi untuk hasil kerjasama tersebut dituangkan dalam MOU keluar bahwa kuota haji Indonesia tahun ini adalah jumlah 221.000 jemaah terdiri dari 203.320 jemaah reguler dan 17.680 jamaah khusus untuk petugas haji kita mendapatkan kuota 4200 petugas terkait kuota haji tersebut disampaikan kepada masyarakat bahwa untuk yang keluar ini baru untuk kuota nasional belum ada kuota untuk kota Parepare.

Hasyim mengungkapkan untuk kota Parepare sendiri akan dikeluarkan oleh keputusan gubernur. Sebagai gambaran bahwa jumlah kota provinsi Sulawesi Selatan tahun ini mendapat jatah 7.272 untuk pembagian kuotanya masih menunggu keputusan gubernur.

“seperti biasanya yang menjadi rujukan kita adalah kalau ada keputusan gubernur, baru kita sampaikan kepada jemaah. Jumlah kuota Parepare sekian jumlahnya. Sebagai gambaran bahwa untuk tahun ini kuota Parepare sudah normal seperti hasil keputusan antara kedua pemerintah kita dan Arab Saudi Kalau merujuk pemberangkatan tahun lalu jumlah jemaah haji kita 120 jamaah.  Mudah-mudahan atau kita berharap bahwa minimal jumlah normal 120 kalau perlu di atasnya yang jelas kuota kembali normal seluruh Indonesia terkait keberangkatan kami masih tetap menunggu jadwal selanjutnya dari pusat.” Jelas Imam Rawatin Masjid Raya Parepare ini.

Most Popular

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
  • https://radioku.my.id:8243/mesra
  • Radio Mesra Parepare