Kamis, Desember 1, 2022

Unhas bekerjasama Taiwan ICDF Gelar pelatihan Penangkaran Penih Padi Petani Parepare

PAREPARE, RADIOMESRA. COM – Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin (Unhas) bekerja sama Taiwan ICDF menggelar pelatihan penangkaran benih padi kepada petani. Pelatihan dilaksanakan di Aula Hotel Bukit Kenari Parepare, Jumat (20/05/22).

Pelatihan dibuka Asisten III Pemkot Parepare, Eko W Aryadi. Kegiatan dihadiri Dekan Fakultas Pertanian Unhas Makassar, Prof Salengke, dan Perwakilan Taiwan ICDF, Yi-Cheng Huang

Ketua Tim Kegiatan, Prof Yunus mengatakan, pelatihan yang rencananya digelar selama tiga hari tersebut, bertujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan penangkar dan calon penangkar benih tanaman padi.

“Itulah sebabnya daerah pengembangan kita melakukan penangkaran mulai dari selatan tengah sampai Utara di Sulawesi Selatan dengan harapan mengcover semua daerah pertanian di Sulawesi Selatan. Dan itu saya laporkan ke pihak Taiwan bahwa ini profesional kita sudah punya 350 hektar total area pengembangan ini. Mengapa kita bilang Parepare kecil, kami tidak melihat kecilnya tapi ingin menjadi semangat yang ada. Kita mau katakan Parepare saja yang kecil daerahnya bersungguh-sungguh di dalam melaksanakan pembenihan apalagi daerah yang luas kenapa dia tidak begitu serius dalam melakukan upaya itu. Sedangkan yang kecil kita melihat bahwa pertanian di parepare kecil tapi sungguh peranannya menjadi sangat besar karena dia merupakan sentra dari pengembangan wilayah yang ada di Sulawesi Selatan ini.” Kata Prof Yunus.

Sementara Dekan Fakultas Pertanian Unhas Makassar, Prof Salengke Menambahkan salah satu dari tugas setiap perguruan tinggi adalah pembinaan masyarakat biasanya wujudkan dalam bentuk pelatihan-pelatihan maupun aksi langsung di lapangan kegiatan tersebut pada dasarnya adalah wujud dari Tri dharma perguruan tinggi.

“Memang salah satu dari tugas setiap perguruan tinggi adalah pembinaan masyarakat. Kita biasanya wujudkan dalam bentuk pelatihan-pelatihan maupun aksi langsung di lapangan. Kegiatan kita hari ini pada dasarnya adalah wujud dari Tri dharma perguruan tinggi kami yaitu pengabdian kepada masyarakat teman-teman dari Unhas akan memberi materi mudah-mudahan dapat memperkaya pengetahuan para petani kita. Dan peserta dalam acara ini mulai dari aspek benihnya sampai ke agrobisnis dari benih itu sendiri. Jadi pengetahuan yang diberikan sangat komplit selama dua hari.” Jelas Prof Selengke

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,590PengikutMengikuti
20,300PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

  • https://radiomesra.com:8183/mesra
  • Radio Mesra Parepare