26.8 C
Pare-Pare
Saturday, June 22, 2024
spot_img

Lomba Inovasi Daerah Kota Parepare 2021 Masuki Babak 10 Besar

PAREPARE, RADIOMESRA. COM – Lomba Inovasi Daerah Kota Parepare Tahun 2021 sudah memasuki babak 10 besar. 24 inovasi dari 10 SKPD dan 3 UPTD Pemkot Parepare yang berkompetisi kini mengerucut menjadi 10 besar.

Tahapan 10 besar sudah dilalui yakni verifikasi lapangan langsung oleh tim penilai dari Pusat Pelatihan dan Pengembangan (Puslatbang) dan Kajian Manajemen Pemerintahan (KMP) Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Makassar.

Mewakili Kepala Bappeda Samsuddin Taha Sekertaris Bappeda Zulkarnaen Nasrun pada tim liputan radiomesra.com ahad (31/10/21) mengatakan lomba inovasi SKPD kota Parepare sudah berjalan sesuai dengan tahapan setelah sebelumnya secara resmi walikota Dr. HM., Taufan Pawe SH., MH telah membuka rangkain salah satu acara presentasi inovasi.

“Sekaitan dengan pelaksanaan lomba inovasi daerah kota Parepare tahun 2021 ini. Alhamdulillah sudah berjalan sesuai dengan tahapan dan tanggal 25 kemarin secara resmi bapak walikota telah membuka rangkaian salah satu acara presentasi inovasi yang dihadiri langsung oleh Puslatbang KMP LAN Makassar sebagai penilai dan beberapa timnya dan dihadiri oleh para inovator dan kepala SKPD yang ikut lomba inovasi pada tahun 2021.” Kata Zulkarnaen

Lanjut Zulkarnaen, ini adapun rangkaian pelaksanaan kegiatan presentasi dalam rangka inovasi ini terdiri dari dua tahap, yaitu tahap presentasi yang sudah dilakukan dimakasar kampus LAN, dan kemarin tahap kedua juga sudah dilaksanakan di parepare yaitu kunjungan langsung atau verifikasi lapangan langsung oleh tim penilai dan mendatangi semua inovator atau SKPD yang dimaksud yang masuk 10 besar.

“Alhamdulillah rangkaian dari lomba inovasi ini berjalan. Insya Allah hasil yang diharapkan bahwa lomba inovasi daerah menjadi terobosan penting dalam menciptakan inovasi yang akan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. dan Di harapkan juga inovasi ini akan menjadi budaya kerja yang terus ditumbuhkan, sistem kerja yang dilakukan harus terus diperbaharui untuk dapat memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.” Ungkap Zulkarnaen.

Zulkarnaen Menambahkan wali kota Pareoare dari awal sudah membangun pola pikir dan budaya kerja para ASN agar lebih inovatif. dan menjadi langkah awal bagi seluruh ASN dikota parepare untuk menggerakkan gerbong reformasi birokrasi di kota Parepare. dan Inovasi yang dilahirkan dari pelaksanaan lomba ini diharapkan mampu berbicara banyak di tingkat nasional sehingga nantinya Parepare akan menjadi kiblat inovasi di Indonesia.

“Dapat diwujudkan bila ada keseriusan dari semua aparat dan masyarakat kota Parepare. dan dukungan penuh dari Puslatbang KMP LAN dalam penguatan inovasi dikota parepare akan berharap selalu menjadi bersinergitas bekerjasama dengan pemkot parepare. Alhamdulillah beberapa inovasi yang menjadi penilaian dari LAN Makassar akan diumumkan nanti pemenangnya tanggal 8 direncanakan bersamaan dengan 8 tahun kepemimpinan Bapak wali kota dan 3 tahun bersama bapak Pangeran Rahim. Di harapkan juga bahwa inovasi yang yang diarahkan nanti merupakan inovasi-inovasi yang bisa langsung dimanfaatkan oleh SKPD untuk dirasakan masyarakat.” Jelas Zulkarnaen.

10 Besar Inovasi dalam Lomba Inovasi Daerah Kota Parepare 2021:

  1. Inovasi Mappadeceng (Melayani Penerbitan Dokumen Adminduk Secara Terintegrasi dan Membahagiakan) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil)
  2. Inovasi Siap Menanti (Sistem Aplikasi Media Pelayanan dan Informasi) dari UPTD Penerangan Jalan Umum (PJU)
  3. Inovasi Pengaduan Dalam Genggaman (e- Pengaduan) dari Inspektorat
  4. Inovasi Semut Merah (Sehat Murah dengan Meramu Rempah) dari UPTD Puskesmas Lapadde
  5. Inovasi I’M Yours dari Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar)
  6. Inovasi Kamasutra (Kerjasama Sistem Pemanfaatan Data Kependudukan Terpadu) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil)
  7. Inovasi Slogan 3R atau Sampah Olah dengan Reuse, Reduce dan Recycle (pemanfaatan sampah organik sisa-sisa sayur-sayuran dan buah-buahan para pedagang/penjual di Pasar Lakessi menjadi pupuk kompos) dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH)
  8. Inovasi Peduli PNS (Program Edukasi dan Layanan Administrasi Kepegawaian Pegawai Negeri Sipil) dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD)
  9. Inovasi Lancar HD (Layanan Antar Jemput Cuci Darah Pasien Hemodialisis) dari RSUD Andi Makkasau
  10. Inovasi Karampa Baca dari Kecamatan Bacukiki

Most Popular

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
  • https://radioku.my.id:8243/mesra
  • Radio Mesra Parepare