26 C
Pare-Pare
Wednesday, April 24, 2024
spot_img

FKH Siap Bersinergi Pemkot Wujudkan P2KH

PAREPARE, RADIOMESRA. COM — Forum Komunitas Hijau (FKH) Kota Parepare siap terus bersinergi dengan Pemerintah Kota Parepare dan multi stakeholder untuk merealisasikan Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) Parepare. Sinergi itu melalui edukasi, advokasi, dan aksi nyata.

Hal ini terungkap dalam Workshop P2KH FKH dan Pemkot Parepare, Perencanaan dan Strategi Merealisasikan Program Pengembangan Kota Hijau Parepare, di Baruga Peduli, Kecamatan Bacukiki, Parepare, Kamis, (29/07/21).

Sekretaris Bappeda Parepare Zulkarnaen Nasrun yang mewakili Kepala Bappeda Samsuddin Taha dalam Workshop mengemukakan, tujuan Kota Hijau tidak sekadar menghijaukan kota, lebih dari itu.

“Pelaksanaan pengembangan kota hijau di kota Parepare melalui program pengembangan kota hijau yang dilakukan kembali oleh FKH ini merupakan suatu gerakan kota hijau untuk merespon perubahan iklim dan kelestarian lingkungan. sebenarnya kegiatan ini bukan kegiatan baru tapi kegiatan sudah lama hampir 10 tahun sejak parepare mencanangkan parepare masuk ke grand city atau kota yang berkomitmen untuk menuju grand city.” Kata Zul

Lanjut Zulkarnaen, program tersebut sudah ada penandatanganan dengan Menteri PU dan tata ruang pada waktu itu tahun 2011 oleh wali kota dengan menteri terkait dengan Parepare menuju grand city. memang beberapa tahun terakhir suasana perkotaan semakin berat banyak hal hal yang harus pikirkan secara lebih seksama.

“hal hal yang harus pikirkan secara lebih seksama Dalam memasukkan kebijakan program yang lebih komperhensif realistis resolusi perubahan iklim. Jadi yang perlu diperhatikan disini terkait dengan tujuan kota hijau atau grand city sendiri. Tidak hanya sekedar menhijaukan kota tapi lebih mempunyai makna yang lebih luas dan lebih komperhensif yaitu kota yang ramah lingkungan. parepare yang kita upayakan menjadi Kota ramah lingkungan ini ada beberapa hal yg memang diperlukan yaitu memanfaatkan secara efektif efesiensi segala sumber daya ada di parepare, berupaya untuk mengurangi limbah baik itu sampah dan seterusnya, menerapkan sistem transportasi terpadu kesehatan lingkungan mengsinergikan lingkungan alam dan buatan selanjutnya dihal yang spesifik didalam perubahan kota hijau itu ada 8 atribut. ” Jelas Zulkarnaen.

Adapun 8 Atribut Kota Hijau:

1. Perencanaan & Perancangan kota ramah lingkungan (Green Planning and Design)
2. Ketersediaan Ruang Terbuka Hijau (Green Open Space)
3. Peran serta Komunitas Hijau (Green Community/FKH)
4. Pengelolaan sampah ramah lingkungan (Green Waste)
5. Penggunaan energi yang efesien (Green Energy)
6. Sistem transportasi yang berkelanjutan (Green Transportation)
7. Pengelolaan & pemanfaatan air yang efektif (Green Water)
8. Bangunan Hijau (Green building)

Most Popular

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
  • https://radioku.my.id:8243/mesra
  • Radio Mesra Parepare