25.7 C
Pare-Pare
Monday, July 22, 2024
spot_img

Parepare Kota Layak Anak Kategori Nindya, Taufan Pawe: Bukti Komitmen Pemkot Penuhi Hak Anak Sebagai Generasi Emas

PAREPARE, RADIOMESRA. COM  — Kota Parepare menguatkan eksistensi sebagai Kota Layak Anak, bahkan pada tahun ini naik tingkat menjadi kategori Nindya. Sebelumnya Parepare sudah menjadi Kota Layak Anak kategori Madya.

Predikat Kota Layak Anak (KLA) ini sudah diraih Parepare sejak 2017 dan dipertahankan hingga 2021. Dan kini menjadi KLA Nindya.

Kepastian penghargaan KLA ini diumumkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI secara virtual, Kamis, (29/07/21). Wali Kota Parepare Dr HM Taufan Pawe bersama Wakil Wali Kota H Pangerang Rahim, Sekda H Iwan Asaad, dan jajaran pejabat Pemkot Parepare hingga Forum Anak Kota Parepare mengikuti dari Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare.

Saat pengumuman, Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati memberikan apresiasi kepada daerah yang mendapatkan penghargaan KLA. “Ini adalah wujud komitmen tinggi oleh Pemerintah Kabupaten Kota dalam pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak yang dinilai oleh Tim Independen menggunakan 24 indikator,” ungkap I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Adapun 24 indikator penilaian dalam pemenuhan hak anak sebagai Kota Layak Anak itu dirangkum dalam lima klaster kelembagaan, yakni pemenuhan perlindungan khusus, pemenuhan hak sipil dan kebebasan, hak lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya.

Wali Kota Parepare Taufan Pawe usai menyaksikan pengumuman penghargaan mengatakan, meskipun Parepare berhasil meraih predikat Kota Layak Anak, namun penghargaan ke-194 di era kepemimpinannya ini bukanlah menjadi tujuan utama. Tetapi sebagai wujud komitmen Pemerintah Kota Parepare dalam memenuhi hak-hak anak sebagai generasi emas penerus bangsa.

“Penghargaan ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus menunjukkan komitmen kuat terhadap pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak,” tegas Taufan Pawe yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel ini.
Terdapat lima kategori penghargaan KLA, yakni Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan KLA. Parepare saat ini naik tingkat dari Madya ke Nindya. (*)
Penerima Penghargaan KLA di Sulsel
Pratama:
Maros
Gowa
Takalar
Sinjai
Luwu Timur
Palopo
Soppeng

Madya:
Bulukumba
Makassar
Sidrap
Bantaeng
Barru
Luwu Utara

Nindya:
Parepare
Bone

Most Popular

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
  • https://radioku.my.id:8243/mesra
  • Radio Mesra Parepare