28.7 C
Pare-Pare
Sunday, July 14, 2024
spot_img

Jika Ada KIPI Masyarakat Tidak Perlu Khawatir

PAREPARE, RADIOMESRA. COM – Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) merupakan bentuk respons tubuh terhadap vaksin yang disuntikkan. Efek samping vaksinasi memiliki reaksi yang berbeda-beda disetiap orang. KIPI ini dibagi dalam 2 kelompok yakni KIPI ringan dan berat.

Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan kota Parepare Kasman Makkasau M. Kes pada program obras rabu (28/07/21) mengungkapkan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi dimana masyarakat perlu tahu bahwa yang namanya kejadian ikutan pasca imunisasi itu adalah kejadian yang ikut setelah 1 x 24 jam.

“Efek salah vaksin itu kita sebut  kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI). pada saat pencanangan vaksinasi itu bersama keluar SK Tim vaksinasi keluar juga pada hari yang sama tim komite Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi parepare itu ada komitenya. masyarakat perlu tahu bahwa yang namanya kejadian ikutan pasca imunisasi itu adalah kejadian yang ikut setelah 1 x 24 jam setelah vaksin 25 jam.Kalau  berikutnya disebut efek samping vaksin mungkin ada yang demam atau menggigil 2-3 jam setelah vaksin masyarakat boleh melapor ke faskes dimana kita vaksin.” Jelas Kasman.

Lanjut kasman setiap masyarakat berhak memperoleh yang namanya sertifikat vaksinasi yang dikeluarkan KPC PEN. Ia menambahkan jika ada kartu yang belum keluar mungkin ada kesalahan input data dan bisa menghubungi no 119 ext 9.

“Bagi teman-teman yang sudah vaksin itu berhak memperoleh yang namanya sertifikat vaksinasi yang dikeluarkan KPC PEN Jadi kalau ada ada kartu kasihnya tidak keluar mungkin salah nomor HP atau ada keramaian hubungi kembali 119 ext 9. semua masalah vaksinasi satu no. makanya masyarakat jangan takut untuk pergi vaksin karena disitu juga tidak langsung di suntik tapi di streaning dulu. dan satu lagi kebijakan pemerintah belum ada mengeluarkan surat keterangan tidak bisa vaksin.” Terang Kasman

Most Popular

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
  • https://radioku.my.id:8243/mesra
  • Radio Mesra Parepare