28.9 C
Pare-Pare
Thursday, June 20, 2024
spot_img

Dinas Peternakan Kota Parepare Cek Kesehatan Hewan Kurban

PAREPARE, RADIOMESRA. COM  – Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (PKP), Pemkot Parepare kembali melakukan pemeriksaan hewan kurban menjelang Idul Adha. Pemeriksaan hewan kurban ini berlangsung dari tanggal 8 Mei hingga 20 Juni 2024 mendatang.

Kepala Dinas PKP Kota Parepare, Wildana, mengungkapkan bahwa pihaknya akan melakukan pemeriksaan hingga hari tasyrik untuk memastikan pemotongan hewan kurban diawasi dengan ketat, baik sebelum maupun sesudahnya.

“Kegiatan hari ini adalah kegiatan rutin kita setiap tahun, setiap menjelang hari raya idul Adha. Kegiatan ini mulai sejak tanggal 8 Mei sampai insya Allah kami perkirakan tanggal 20 Juni termasuk tiga hari tasyrik. Jadi petugas kami akan bertugas sampai dengan hari tasyrik 11, 12, 13 Zulhijjah. Karena pemotongan ini juga kami awasi. Dari dinas, kami mengawasi, pemotongan sebelum dan sesudah pemotongan/penyembelihan ante mortem dan post mortem. Adapun kegiatan kami selama tanggal 8 sampai tanggal 20 Juni itu, ada pertama pendataan hewan kurban,yang kedua pemeriksaan kesehatan hewan, dan pemberian vitamin dan obat obatan penyemprotan disinfektan,” ungkap Wildana.

Selama pemeriksaan yang dilakukan oleh Dinas PKP, tidak ditemukan hewan yang tidak layak dijadikan kurban. Terkait stok hewan kurban pada Jumat, 7 Juni 2024, tercatat ada 1.215 ekor sapi dan 380 ekor kambing yang siap untuk kurban. Jumlah ini diperkirakan akan mengalami peningkatan hingga hari tasyrik.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan pelaksanaan Idul Adha di Kota Parepare dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan protokol kesehatan hewan, sehingga masyarakat dapat melaksanakan kurban dengan aman dan nyaman.(*)

Most Popular

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
  • https://radioku.my.id:8243/mesra
  • Radio Mesra Parepare