28.9 C
Pare-Pare
Thursday, June 20, 2024
spot_img

Wakil Ketua DPRD Ungkap Pembangunan Infrastuktur Harus Seralas Dengan Perkembangan UMKM

PAREPARE, RADIOMESRA. COM – Wakil ketua DPRD kota Parepare M. Rahmat Sjamsul Alam mengungkapkan walau  Parepare kota kecil dengan penduduk 165 jiwa lebih dan luas wilayah yang 99,33 KM persegi dengan APBD hampir 1 triliun,  sebetulnya enak sekali dikelola dibanding daerah lain yang ratusan kilometer jumlah penduduknya 400.000 lebih dengan APBDnya hanya 1,3 T untuk memberikan kesejahteraan dan keadilan kepada masyarakat tentunya enak.

“Kalau kita paham yang namanya pemerintahan, faham yang namanya pengelolaan keuangan. Kita memang di Parepare harus di akui tidak punya sumber daya alam yang kuat untuk melakukan akselerasi pembangunan, sehingga seingat saya tahun 2016, kami buat Perda tentang industri unggulan kota Parepare. Tiga industri unggulan itu, adalah sektor jasa pendidikan, yang kedua sektor jasa kesehatan yang ketiga sektor jasa pariwisata, karena inilah modal utama Parepare untuk kita bangun.” Jelas Rahmat.

Lanjut Legislator 2 periode ini,  karena tidak punya sumber daya alam, Parepare memanfaatkan tiga sektor ini dan tidak pungkiri Taufan Pawe sebagai walikota sebelumnya ini sudah meletakkan foundation cukup kuat untuk infrastruktur yang baik.

“Cuma memang sedikit terabaikan dari sektor UMKM. Itu bisa kita lihat dari anggaran di setiap SKPD. Ada beberapa SKPD memang anggarannya yang tidak cukup untuk sektor UMKM. Contohnya Dinas perdagangan tenaga kerja yang berhubungan langsung dengan UMKM, yang berhubungan langsung dengan usaha kecil dan tenaga kerja. Ini pos anggarannya terbatas. Disektor lain dinas PU terlalu tinggi, tapi mungkin waktu itu memang fokus pada untuk menggenjot infrastruktur. Sehingga kedepan ini, yang memang harus ada keseimbangan antara infrastruktur dan sektor UMKM dan tenaga kerja, Sehingga kemajuan yang pesat ini juga masyarakat juga bisa ikut terbawa ke dalamnya. Sehingga tidak stagnan masyarakat ini. Sehingga tugas pemerintah agar masyarakat yang menengah ke bawah ini bisa di-push juga mengikuti perkembangan yang ada.” Ungkap Rahmat.

Most Popular

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
  • https://radioku.my.id:8243/mesra
  • Radio Mesra Parepare