26.1 C
Pare-Pare
Saturday, May 25, 2024
spot_img

Gebyar Paud, Dinas Pendidikan Beri ruang Anak Usia Jenjang Paud, TK Kembangan Bakat, Kreativitas, dan Potensi

PAREPARE, RADIOMESRA. COM – Pemerintah Kota Parepare, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar kegiatan Gebyar Paud, Kamis (25/05/23). Kegiatan Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ini digelar di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare dengan mengusung tema, Merdeka Bermain, Anak Cerdas, Ceria dan Kreatif.

Berbagai macam lomba digelar dalam kegiatan gebyar paud ini diantaranya, lomba tilawah, adzan, bercerita, rangking satu ayah dan anak, dan lomba mewarnai gambar untuk tingkat kota Parepare.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Parepare, Drs. Arifuddin Idris, menjelaskan, gebyar paud ini digelar untuk memberi ruang kepada anak-anak usia jenjang paud, TK dalam pengembangan bakat, kreativitas, dan potensi yang dimiliki.

“Tadi ada kegiatan gebyar PAUD, yaitu lomba yang memberi ruang kepada anak-anak usia PAUD, TK di jenjang PAUD itu mengembangkan bakat dan potensinya, seperti mewarnai dan lomba menggambar dan sebagainya.” Kata Arifuddin.

Lanjut Arifuddin,  memang program merdeka belajar itu adalah memberi kesempatan ruang untuk anak siswa dalam hal ini untuk mengembangkan bakat dan minatnya, Ari menambahkan sekarang pendidikan akademik menjadi bagian tetapi tetap menjadi pendidikan formal seperti matematika tetapi ekstrakurikuler mengembangkan bakat Dan diri ini menjadi bagian atau untuk membentuk karakter anak yang mempunyai kompetensi yang spesifik.

“Sehingga lomba ini bagian ruang-ruang tersebut yang memberi kesempatan kepada siswa untuk berkembang. Ini merupakan ajang tingkat kota. Dan nanti perwakilan 6 lomba di… menjadi wakil kota Parepare. Harapan terutama orang tua siswa bahwa anak kita bukan lagi dituntut dari sisi akademik tapi dari sisi prestasi non akademik. Kemampuan anak seperti olahraga, seni, sains itu bukan didapat di bangku sekolah dan itu perlu dukungan. Bahwa orang tua harus karena anak adalah pendidikannya adalah investasi maka kita harus berkorban untuk memenuhi kebutuhan baik materi dan waktu. Untuk memperhatikan anak tersebut dorongan motivasi kepada anak untuk terus berkembang sesuai bakat dan kemampuan harus terus mendorong meningkatkan kompetensinya wawasan wawasan agar memudahkan pembimbingan proses transfer ilmu itu terupdate sekarang dunia pengetahuan baik ekstra maupun kurikuler itu selalu berkembang sehingga daya saing semakin tinggi.” Jelas Arifuddin

Most Popular

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
  • https://radioku.my.id:8243/mesra
  • Radio Mesra Parepare