Sabtu, Februari 4, 2023

Pemkot Gelar Musrembang RKPD Kelurahan 2024 Mulai 24-31 Januari

PAREPARE, RADIOMESRA. COM – Pemerintah Kota Parepare menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2024 tingkat Kelurahan mulai Selasa, (24/01/23). Musrenbang yang menyasar 22 Kelurahan se-Parepare, berlangsung hingga 31 Januari 2023. Dalam sehari pelaksanaan berlangsung pada empat hingga lima Kelurahan.

Sekertaris Bappeda Zulkarnaen Nasrun pada tim liputan jelajah kota radio mesra Rabu (25/01/23) mengatakan Menindaklanjuti kalender perencanaan pemerintah kota Parepare yang sudah ditetapkan dan keputusan walikota bahwa untuk minggu ini mulai dari hari Selasa tanggal 24 Januari sampai dengan tanggal 31 Januari itu Bappeda melakukan musrembang di 22 Kelurahan.

“Jadi hampir 4 Kelurahan perkecamatan. Kami lakukan sampai semua selesai tanggal 31 Januari. Rencana pelaksanaan musrenbang kecamatan juga kami lakukan di tanggal 7 Februari dan 8 Februari. Pelaksanaan musrenbang kali ini, memang berbeda dengan pelaksanaan Musrenbang 2 tahun yang lalu, sekarang ini sudah mulai melibatkan semua stakeholder bukan hanya perwakilan tapi sekarang ini mulai ramai. Jadi para ketua RT ketua RW, tokoh masyarakat antusias hadir. Dan memang ini kita sudah diskusikan dengan para lurah ketua LPMK untuk menghadirkan semua pemangku kebijakan di tingkat Kelurahan bahkan tidak menutup kemungkinan beberapa anggota DPRD yang kebetulan di kelurahan itu merupakan domisili dari anggota DPRD tersebut sehingga bisa saja hadir di pelaksanaan musrembang tersebut.” Kata Zulkarnaen.

Lanjut Zulkarnaen mengungkapkan, walaupun nanti sebenarnya nanti di kecamatan anggota DPRD berkewajiban hadir di acara kacamatan dalam dalam kapasitas dapil masing-masing. Adapun tugas Bappeda narasumber di setiap kelurahan itu berkewajiban menyampaikan usulan-usulan kelurahan dan kecamatan yang terakomidir dalam APBD tahun 2023. Selanjutnya dilakukan juga penjelasan tentang tema musrembang tahun 2024 yang di lakukan selama ini, penjelasan tema ini juga dibarengi dengan penjelasan tentang besaran dan pemanfaatan pagu indikatif wilayah tahun 2024 dan ini diberikan penjelasan tentang indikator-indikator untuk tahun 2024

“Ke depan, Ada perubahan bahwa pemerintah kota Parepare sudah konsisten dengan penganggaran terkait dengan isu-isu sosial seperti anak, perempuan dan disabilitas. Dalam hal ini adalah inklusi sosial. Dan tahun kemarin kita masih mengeluarkan terkait dengan Alake atau alokasi anggaran Kelurahan berbasis ekologi. Tim Bappeda yang turun di setiap Kelurahan ini itu menjelaskan terkait dengan prioritas pembangunan daerah kota parepare tahun 2024. Program prioritas pembangunan daerah kota tahun 2024 ini sangat berkaitan dengan rencana pembangunan daerah yang sementara kita susun walaupun masih dalam rancangan.” Terang zulkarnaen

Zulkarnaen menambahkan, Bappeda sudah menyampaikan bahwa yang jelas pemerintah daerah kota parepare berkeinginan untuk melanjutkan semua program di RPJMD yang memang berkesinambungan.

“Yang jelas ini pada intinya bahwa tujuan dan sasaran yang paling utama dalam RPD ini adalah pertama adalah pendapatan masyarakat, memperluas kesempatan kerja, menciptakan lapangan berusaha, membuat akses dan kualitas pelayanan publik semakin lebih baik, dan pastinya ini adalah meningkatkan desain daerah. Saya kira ini yang menjadi hal yang kita diskusikan terus di musrenbang Kelurahan, kecamatan dan musrembang kota nantinya. Sampai akhirnya nanti RPJ transisi dalam bentuk RPD rencana pembangunan daerah dan ditetapkan dengan peraturan walikota.” Tambah Zulkarnaen.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,696PengikutMengikuti
20,500PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

  • https://radiomesra.com:8183/mesra
  • Radio Mesra Parepare