Sabtu, Februari 4, 2023

Dampak Covid dan Pemilu, APBD 2023-2024 Tidak Maksimal

PAREPARE, RADIOMESRA. COM – Wakil ketua II DPRD kota Parepare menilai APBD tahun ini memang tidak maksimal karena memang harus dilihat dari sumber pendapatan. Hal tersebut di sampaikan Rahmat Saat di temui Usai menghadiri Musrembang RKPD kelurahan ujung bulu Selasa (24/01/23).

“Untuk pendapatan sumber APBN kita, melalui dana transfer itu, kita bisa prediksi besarannya berapa sesungguhnya, karena kita tahu. ada beberapa pembiayaan yang didanai negara dan itu habis pada covid-19 2020 dan 2021, itu pendapatan negara berkurang. Yang kedua ada pembiayaan terhadap pemilu, APBN kita ini juga banyak terserap akibat pemilu. Yang kedua APBD kita juga untuk tahun 2024, itu terserap untuk pendanaan Pilkada, karena memang pendanaan Pilkada itu ditanggung oleh APBD. Kita prediksi antara 25 sampai 30 miliar. Sehingga memang dalam konteks begini memang pemerintah daerah betul-betul bisa memaksimalkan anggaran yang ada pada program kegiatan prioritas.” Kata Rahmat.

Lanjut Anggota Legislatif Dapil ujung ini, Baginya khusus dalam rangka pemberdayaan masyarakat usaha kecil dan mikro ini harus dituangkan ke SKPD teknis anggarannya artinya tidak bisa berbicara tema pemberdayaan usaha kecil dan mikro, kalau pada SKPD teknis itu anggarannya tidak maksimal.

“Contohnya untuk dinas tenaga kerja anggarannya ini sangat kecil, karena anggarannya sangat kecil maka kita tidak bisa berbicara bagaimana memberdayakan sektor UKM (usaha kecil dan mikro). Jadi saya berharap tahun 2024 karena ini tahapan musrenbang sudah berjalan, temanya tentang akselerasi tentang UMKM maka seyogyanya pemerintah daerah juga harus menganggarkan anggaran yang cukup besar terhadap SKPD teknis yang berhubungan dengan UMKM, perindag, tenaga kerja, juga di kecamatan. SKPD ini harus disupport sehingga yang menjadi tema itu bisa tercapai atau terwujud.” Jelas Rahmat.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,696PengikutMengikuti
20,500PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

  • https://radiomesra.com:8183/mesra
  • Radio Mesra Parepare