25.7 C
Pare-Pare
Wednesday, April 17, 2024
spot_img

Pincab Bank Sulselbar Ingatkan Warga Bahaya Meminjamkan Nama Untuk Urusan Kredit

PAREPARE, RADIOMESRA. COM – Meminjam nama untuk urusan kredit kendaraan atau bahkan pinjaman dana sering dilakukan oleh masyarakat. Fenomena itu kerap kali terjadi pada keluarga, baik hubungan kakak adik atau bahkan tante, om dan kerabat dekat.

Padahal, pinjam meminjam nama untuk urusan kredit perbankan sangat berisiko dan berpotensi merugikan salah satu pihak. Biasanya terjadi ketika salah satu pihak namanya telah masuk daftar hitam Bank Indonesia karena persoalan hutang, atau memiliki riwayat keuangan yang tidak baik.

Pimpinan Cabang Kantor Bank Sulselbar Hazjul saat di temui tim liputan jelajah kota radio mesra beberapa hari lalu mengungkapkan, masalah yang umum terjadi akibat meminjamkan nama untuk urusan kredit biasanya terjadi kredit macet.

“Tips untuk teman-teman yang ingin mengambil kredit, ke depan ini jangan coba-coba jadi apalis, saya selalu sampaikan apalagi contoh, misalnya saya ini punya adik mau beli motor, namaku masuk di pembiayaan, tapi adikku berjanji nanti saya akan bayar, tapi ternyata ke depan adikku tidak bayar, namanya adikku bersih tapi namaku rusak apakah itu adik ipar apapun namanya jangan coba-coba. Karena ketika kita yang bersangkutan mengajukan kredit dan dinyatakan macet oleh SLIK (Sistem Informasi Keuangan) OJK itu pasti tidak akan dilayani oleh bank. Karena dianggap karakternya tidak bagus dan baru tidak perlu lagi mengklarifikasi bukan yang bersangkutan pakai karena sudah terdaftar di situ dan banyak orang yang kecewa.” Jelas Hazjul.

Tambah Hazjul Maka dari itu, jangan pernah meminjamkan nama kepada siapa pun untuk berutang. Meskipun niatnya baik, tentu akan menjadi petaka jika digunakan untuk hal yang tidak baik.

Most Popular

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
  • https://radioku.my.id:8243/mesra
  • Radio Mesra Parepare