Sabtu, Februari 4, 2023

Parepare Butuh 18.832 Kepesertaan BPJS Kesehatan Capai UHC

PAREPARE, RADIOMESRA. COM – Mantan Ketua Komisi II DPRD kota Parepare DR. Kamaluddin Kadir mengungkapkan Berdasarkan data yang didapatnya dari BPJS sekarang ini Parepare masuk masih berada di 127,966 dari data mei terakhir. Data tersebut di beberkan anggota fraksi gerindra tersebut pada dialog khusus radio mesra bersama BPJS Kesehatan Kamis (09/06/22).

“Saya dapat kalau dari segi persentase ini baru 82,81%. Berarti kita kalau mau mencapai UHC berarti kita harus butuh lagi 18.832 masyarakat yang harus ditanggung untuk mencapai UHC. Sehingga nanti kalau UHC ini banyak kelebihan-kelebihan mungkin tidak kena denda pelayanan tetap aktif kalau lupa membayar iuran dan sebagainya.” Kata Dr Kamal

Lanjut Anggota Legislatif dari Dapil ujung ini, DPRD sudah konsultasi dengan lintas komisi karena ini kesehatan kalau menurut undang-undang mandatory 20% dari total APBD itu wajib alokasinya untuk bidang kesehatan, termasuk penanggungan oleh pemerintah melalui tanggungan masyarakat keikutsertaan di BPJS kesehatan.

“Anggaran waktu tahun 2019 itu kita sudah anggarkan sekitar 17 miliar lebih di anggaran pokok. Dan di perubahan kita tambah 500 juta jadi 17 Milyar 500 setelah kami masuk di komisi 2 kami berhasil menambah mencapai UHC. Di saat itu sudah mencapai angka 90% dengan anggaran total waktu itu 23 miliar. Pada saat masih di komisi II saya coba tambah lagi untuk mencapai 95% tapi tidak bisa lagi mungkin tanggapan pemerintah karena pandemi sehingga anggaran ini dikurangi lagi Jadi sekarang turun 82%.” Jelas DR Kamaluddin.

Sekedar di ketahui Universal Health Coverage merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,696PengikutMengikuti
20,500PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

  • https://radiomesra.com:8183/mesra
  • Radio Mesra Parepare