Kamis, Desember 1, 2022

Parepare Mantapkan Persiapan Jelang Verifikasi Kota Sehat Tingkat Provinsi

PAREPARE, RADIOMESRA. COM – Kota Parepare mempermantap persiapan menjelang verifikasi Kota Sehat tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Kesiapan itu terungkap dalam Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Kota Sehat 2022 di Sekretariat Tim Pembina Kota Sehat, Bappeda Kota Parepare, Kamis, (02/06/22).

Rapat dipimpin Tim Pembina Kota Sehat Parepare, Dede Alamsyah Wakkang mewakili Ketua Tim Pembina Kota Sehat Parepare yang juga Kepala Bappeda Parepare, Samsuddin Taha. Dihadiri SKPD terkait, Forum Kota Sehat, dan para stakeholder Kota Sehat.

Pada tim liputan jelajah kota radio mesra Jumat (03/06/22) Dede mengatakan verifikasi kota sehat tingkat provinsi yang dilaksanakan pada tahun ini dan sementara menunggu jadwal dari provinsi.

“Melaksanakan rapat terkait persiapan menghadapi verifikasi kota sehat tingkat provinsi yang insya Allah akan dilaksanakan pada tahun ini. Dan sementara ini kami menunggu jadwal dari provinsi. Kami berharap bahwa teman-teman SKPD, forum kota sehat kota Parepare dan stakeholder lain tetap mendukung pemerintah kota Parepare dalam rangka meraih wistara kelima penilaian kota sehat tingkat nasional nantinya. Tentunya banyak hal yang harus kita benahi meskipun kita telah mendapatkan kategori sebagai kota sehat kategori wistara.” Jelas Dede.

Lanjut Dede, beberapa yang harus benahi itu antara lain untuk tatanan satu kawasan pemukiman, sarana dan prasarana. Antara lain itu adalah masih adanya beberapa unit kesehatan sekolah atau UKS yang belum memiliki SK. Kemudian regulasi tentang penyelenggaraan pasar sehat, selanjutnya juga di tatanan dua itu ada beberapa hal antara lain adalah keberadaan regulasi kawasan transportasi perkotaan dan tata tertib lalu lintas jalan kemudian edukasi tanggap tertib lalu lintas di kelurahan, sekolah pondok pesantren dan lain-lain.

“Selanjutnya di tatanan tiga ada beberapa yang harus kita benahi di situ, antara lain bahwa setiap industri, itu sebaiknya memiliki ruang laktasi. Kemudian di tatanan 4 pariwisata sehat ini agak perlu mendapatkan perhatian khusus mengingat bahwa Parepare ini menjadi salah satu kawasan pariwisata di Sulawesi Selatan tentu yang harus kita siapkan di sini adalah asuransi keselamatan bagi wisatawan.” Terang Dede.

Selanjutnya tambah dede, di tatanan 5 ketahanan gizi dan pangan di sini yang perlu untuk mendapatkan perhatian khusus itu adalah presentasi bayi yang mendapatkan bayi eksklusif kemudian presentasi balita yang mengikuti program suplementasi vitamin A untuk usia anak 6 sampai 59 bulan. Selanjutnya tatanan ke-6 itu adalah masyarakat sehat yang mandiri disini yang perlu dibenahi adalah regulasi terkait dasar hukum germas kemudian tatanan yang terakhir itu adalah kehidupan sosial yang sehat.

“Di sini diharapkan terjadi penurunan angka kemiskinan dan alhamdulillah kota Parepare sekarang ini kemiskinan berada di poin 5,44%. Selanjutnya tatanan yang harus di benahi di kehidupan sosial sehat yaitu adanya fasilitas untuk penyandang disabilitas di tempat umum. Mungkin itu beberapa tatanan yang harus kita benahi meskipun secara umum prosentase pada saat penilaian kota sehat di tahun 2021, Parepare itu berada di angka 90-an persen atau angka maksimal. Namun kita berharap bahwa dengan dukungan dari semua stakeholder semua masyarakat teman-teman SKPD kita bisa meningkatkan persentase itu menjadi lebih baik lagi.” Tutup Dede

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,590PengikutMengikuti
20,300PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

  • https://radiomesra.com:8183/mesra
  • Radio Mesra Parepare