Kamis, Desember 1, 2022

Kasatlantas Polres Parepare Tegaskan Penggunaan Plat Putih Belum Resmi

PAREPARE, RADIOMESRA. COM – Pemberlakuan penggunaan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau pelat nomor kendaraan berwarna putih beberapa waktu lalu telah direncanakan Kepolisian Republik Indonesia.

Kendati demikian, penerapan plat dasar putih dengan tulisan hitam tersebut belum diresmikan oleh pihak kepolisian saat ini. Hal ini ditegaskan Kasat Lantas Polres Parepare, AKP Muh Yusuf pada tim liputan jelajah kota kamis (26/05/22).

Kasatlantas Polres Parepare, Muh Yusuf menyampaikan pemberlakuan TNKB yang biasa digunakan para pengendara roda dua ataupun roda empat, masih mengacu pada Peraturan Polri (Perpol) Nomor 7 Tahun 2021 tentang registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor.

“Di Informasikan bahwa, pemberlakuan tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) yang berdasar warna putih tulisan hitam itu sudah di atur dalam peraturan polri no 07/2021 tentang registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor. Namun untuk pemberlakuan TNKB tersebut menunggu sosialisasi resmi untuk diberlakukan di Sulsel. Sedangkan saat ini sudah ada yang beredar tentang plat kendaraan (TNKB) yang dasar putih bertuliskan hitam  Namun tersebut belum sesuai septek karena tidak dikeluarkan oleh Samsat masih dibuat sendiri ” Jelas Yusuf

Lebih lanjut ia mengatakan, penggunaan plat dasar putih tersebut akan disosialisasikan apabila sudah dapat digunakan. Sedangkan yang saat ini banyak terpasang di jalan, terkait dengan plat putih tersebut, itu tidak sesudah spesifikasi tekhnis (spekte) karena tidak dikeluarkan oleh pihak Samsat.

“Oleh karena itu kami imbau kepada seluruh masyarakat agar TKB atau plat putih tersebut tidak digunakan terlebih dahulu. Menunggu sosialisasi resmi dari pihak lalu lintas untuk pemberlakuannya. Mari kita sama-sama tertib dalam berlalu lintas Semoga selamat sampai tujuan.” Kata AKP Muh Yusuf.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,590PengikutMengikuti
20,300PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

  • https://radiomesra.com:8183/mesra
  • Radio Mesra Parepare