Kamis, Desember 1, 2022

dr. Renny Imbau Masyarakat Kenali Gejala Awal Hepatitis Akut

PAREPARE, RADIOMESRA. COM – Hepatitis Akut berat yang belum diketahui penyebabnya pertama kali ditemukan pada tanggal 5 April di Inggris Raya kemudian menyebar dengan cepat ke beberapa negara termasuk ke Indonesia yang masuk mulai pertengahan April.

Pada tim liputan Jelajah kota Direktur RSUD Andi Makkasau Kota Parepare, dr. Renny Anggreini sari mengatakan sampai saat ini belum ditemukan kasus di Parepare maupun di Sulawesi Selatan.

“Untuk gejala-gejalanya, hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya ini yang pertama adalah gejala awal seperti mual, muntah, diare berat, dan demam ringan. Gejala lanjutan seperti buang air kecil air, kencing itu menjadi pekat warnanya agak kecoklatan seperti teh. Kemudian buang air besar itu berwarna pucat, mata dan kulit agak menguning, kemudian ada gangguan pembekuan darah. Kalau gejalanya memberat itu bisa terjadi kejang sampai penurunan kesadaran.” Kata dr. Renny.

Lanjut dr. Renny, untuk cara mencegah hepatitis akut ini pada anak-anak harus ketahui bahwa penularannya itu bisa melalui saluran cerna maupun saluran napas. Untuk pencegahan melalui saluran cerna sebaiknya dianjurkan anak-anak untuk rajin mencuci tangan dengan sabun, memastikan makanan yang dimakan dalam keadaan matang dan bersih, tidak bergantian menggunakan alat makan dengan orang lain kemudian hindari kontak dengan orang yang sakit dan jangan lupa menjaga kebersihan rumah dan lingkungan.

“Untuk mencegah penularan saluran napas sebaiknya kurangi mobilitas, gunakan masker jika berpergian, jaga jarak dengan orang lain, dari keramaian atau kerumunan. Ada 4 langkah penting untuk penanganan hepatitis akut ini yaitu yang pertama ada gejala awal seperti diare, mual, muntah, sakit perut dan dapat disertai dengan demam ringan. Yang kedua jika muncul gejala awal jangan panik segera bahwa pasien ke Puskesmas atau ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan lanjutan. Yang ketiga jangan tunggu sampai muncul gejala lanjutan seperti kulit dan mata kuning tapi segera bawa agar tidak terlambat mendapatkan penanganan. Yang ke4 jika terjadi penurunan kesadaran segera bawa pasien ke rumah sakit dengan fasilitas ICU Anak.” Jelas dr. Renny.

dr. Renny juga mengimbau jadi untuk masyarakat agar mengenali gejala gejala awal hepatitis akut dan apabila muncul gejala yang disebutkan tadi jangan panik segera bawa ke tempat pelayanan kesehatan yang terdekat.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,589PengikutMengikuti
20,300PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

  • https://radiomesra.com:8183/mesra
  • Radio Mesra Parepare