Sabtu, Februari 4, 2023

Wakil Ketua DPRD Beri Solusi Aktifkan Kembali BPJS

PAREPARE, RADIOMESRA. COM – Peserta BPJS Kesehatan yang ditanggung oleh pusat sebesar 64.000 lebih terdiri dari PBI 36.000 dan non DTKS masih ada bulan Oktober 2021 karena setiap tahunnya pemerintah pusat melakukan perbaikan data terkait dengan kepesertaan BPJS yang ditanggung oleh pemerintah pusat. Hal tersebut di katakan Wakil Ketua DPRD kota Parepare lewat Program Obras Senin (14/02/22).

“Untuk Parepare itu ada penonaktifan sekitar 4.933. Penonaktifan ini diakibatkan NIK, pindah, meninggal dan invalid. Invalid ini maksudnya di kartu BPJSnya itu tidak sama dengan KTP atau KK sehingga dilakukan perbaikan data oleh kementerian sosial pusat di bulan November masih ada sekitar 718 orang dan akhir Desember 2021 itu sudah mencapai 5651 yang dinonaktifkan ini di parepare.” Kata RSA Akronim Rahmat Sjamsul Alam

Lanjut ketua Askot PSSI kota parepare ini untuk solusinya kalau ada masalah dinonaktifkan selama dibutuhkan ini juga penyampaian kepada masyarakat kartu BPJS-nya yang dipegang cocokan dengan KTP apakah nama sudah betul dan KK kalau tidak semua itu bisa dinonaktifkan pusat karena pusat selalu melakukan penyesuaian pemutahiran data kepesertaan sesuai dengan ketentuan pusat sejak dia di nonaktifkan oleh pusat itu paling lama 6 bulan bisa langsung diaktifkan.

“Dengan cara melapor kedinas sosial atau hubungi 0812 4533 6486, nanti difasilitasi untuk pengaktifan, bisa juga menghubungi saya dengan mengirim foto kartu bpjs-nya di WA saya untuk pengaktifan kembali jadi kalau ada yang non aktif bukan tidak peduli tapi dalam pemutahiran penyesuaian data dinas sosial juga tidak bisa mengatahui kalau kartu BPJS nya karena tidak ada didinas sosial pemerintah APBD-perubahan sebenarnya tidak cukup tapi kita cukupkan waktu pembahasan APBD jadi tidak ada alasan lagi warga kita yang tidak terdaftar untuk tidak mendapat pelayanan BPJS karena anggarannya sudah ditanggung pemda.” Jelas Rahmat.

Tambah Anggota Legislatif 2 priode dapil ujung ini tidak ada lagi nonaktif kalaupun ada itu dari pusat melalui kementerian sosial setelah dilakukan penyesuaian.

“ada beberapa yang kita syukuri karena ada PBI yang ditanggung APBD daerah itu dialihkan atau diambil pusat ada sekitar 2.397 warga kita yang dialihkan ditanggung oleh pusat.” Tutup Rahmat

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,696PengikutMengikuti
20,500PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

  • https://radiomesra.com:8183/mesra
  • Radio Mesra Parepare