28.7 C
Pare-Pare
Sunday, July 14, 2024
spot_img

Lewat Aplikasi Mobile JKN Peserta BPJS Bisa Pindah Fasilitas Kesehatan

PAREPARE, RADIOMESRA. COM – Bersama Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Hariyati Kepala Cabang BPJS Kesehatan Parepare Natalia Panggelo, SKM, MM, AAK kembali menjawab pertanyaan insan mesra lewat program dialog spesial bersama BPJS Jumat (10/09/21).

Natalia menjelas Jika peserta BPJS hendak berpindah layanan dari fasilitas kesehatan atau dokter keluarga peserta tidak perlu lagi ke kantor BPJS tapi peserta bisa melalui aplikasi WA Pandawa atau mendownload Mobile JKN di playstore.

“Itu bisa pindah lagi setiap 3 bulan contohnya bulan Januari di dokter A setelah saya berobat di situ dan tidak nyaman April bisa pindah lagi ke dokter B tinggal di aplikasi mobile JKN yang pindahkan sendiri atau WA Pandawa mobile JKN itu bisa didownload dari playstore di situ ada fitur-fiturnya banyak termasuk pindah faskes kemudian kartu digital juga ada di situ jadi ketika berobat cukup membuka aplikasi itu lalu disitu ada kartu cukup itu yang ditunjukkan ke dokter atau di rumah sakit tidak perlu lagi minta kartu di BPJS.” Kata Natalia

Senada Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Hariyati mengatakan terkait dengan dokter keluarga atau puskesmas fasilitas kesehatan tingkat pertama banyak peserta BPJS itu mengira BPJS yang tentukan.

“Sebenarnya itu ditentukan oleh peserta. jadi pada saat peserta datang mendaftar mereka akan menulis mau terdaftar di Puskesmas atau dokter keluarga mana itu atas keinginan peserta. Jadi bukan BPJS yang menentukan kecuali untuk tanggungan pemerintah pertama kalinya itu ditentukan berdasarkan domisilinya misalnya di kelurahan A masuk di Puskesmas A pertama kali situ tapi setelah itu bisa pindah tanggungan pemerintah pusat atau daerah.” Jelas Haryati.

Ia menambahkan perubahan data untuk pindah faskes untuk perpindahan faskes itu maksimal 3 bulan misalnya di Puskesmas ke dokter keluarga itu bisa per 3 bulan sesuai dengan keinginan peserta.

“Misalnya kita berobat di puskesmas mungkin tidak merasa puas mau pindah di dokter keluarga yang bekerjasama dengan BPJS kesehatan bisa dilakukakan maksimal 3 bulan.  sama halnya kalau pindah ke Makassar misalnya mahasiswa di Makassar mereka bisa pindah di fasilitas kesehatan Makassar kemudian setelah selesai bisa pindah lagi ke parepare. tergantung mau pindahnya misalnya kalau 1 tahun di Makassar kembali di parepare bisa pindah lagi tapi kalau misalnya baru 3 bulan itu mau pindah lagi ke parepare.” Terang Haryati

Most Popular

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
  • https://radioku.my.id:8243/mesra
  • Radio Mesra Parepare