26 C
Pare-Pare
Wednesday, April 24, 2024
spot_img

Pemkot Siapkan 15 M Bangun Covid Center

PAREPARE, RADIOMESRA. COM – Pemerintah Kota Parepare, akan membangun Covid-19 Center di kompleks Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau, bahkan sudah dianggarkan sebanyak Rp15 Miliar.  Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengemukakan, Covid Center akan digunakan sebagai tempat perawatan khusus tak hanya bagi pasien yang positif terkena Corona, tapi penyakit infeksi sejenisnya.

Pembangunan Covid-19 Centre sendiri, jelas Taufan, menyusul banyaknya pengakuan masyarakat yang ketakutan ke rumah sakit karena alasan rumah sakit rujukan tersebut juga melayani pasien yang terpapar Covid-19, meski dalam prakteknya dilakukan secara terpisah dan menerapkan protokol pelayanan pasien Corona

“Memang itu ide murni dari saya setelah saya melihat ada ada keprihatinan bahwa penanganan pelayanan kesehatan di kota Parepare ini setelah ditunjuk rumah sakit Andi Makkasau sebagai rumah sakit rujukan pasien covid. Saya melihat ada penurunan pelayanan kesehatan bagi masyarakat umum. karena ketakutan kekhawatiran ke rumah sakit terjangkit covid. saya berinisiasi kalau begitu kita pisahkan. bahkan awalnya saya mau pisahkan pasien covid di Andi Makkasau dan pasien umum di rumah sakit Ainun. tapi itu tidak efektif Alhamdulillah setelah kami dapat dana DID saya alokasikan ke sana untuk membangun covid center, covid center ini adalah rumah sakit yang memang khusus menangani pasien covid dengan sistem terintegrasi di dalamnya juga ada kamar operasi, untuk icu pasien cobid ada icu untuk anak-anak  hemodalisa ada juga.dalam satu gedung memakai sistem filter jadi kalau kita masuk gedung covid centre itu tidak ada kemungkinan kita tertular karena semua udara yang keluar sudah menyaring virus bakteri dan dihembuskan keluar dengan sistem ramah lingkungan ini memang butuh biaya yang agak besar.” Jelas Taufan

Covid-19 Centre yang akan dilengkapi berbagai fasilitas penunjang dan pembangunnnya diprediksi akan menelan anggaran sebesar Rp15 miliar tersebut, bahkan diklaim menjadi pusat layanan pasien Covid-19 satu-satunya di Sulawesi Selatan bahkan di Indonesia.

Direktur RSUD Andi Makkasau, Renny Angraeny Sari menjelaskan, hingga kini rencana pembangunan Covid Center masih dalam tahap lelang. pembangunan paling lambat pada pertengahan bulan September mendatang.

Most Popular

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
  • https://radioku.my.id:8243/mesra
  • Radio Mesra Parepare