28.7 C
Pare-Pare
Sunday, July 14, 2024
spot_img

Tekan Pengangguran, Disnaker Dorong Terbentuknya BKK di Sekolah Kejuruan

PAREPARE, RADIOMESRA. COM – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Parepare terus mendorong pembentukan Bursa Kerja Khusus (BKK) di semua sekolah kejuruan. Ini dilakukan guna menekan angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kota Parepare yang kini bertengger di posisi 7,14 persen.

Dalam rangka pembentukan BKK tersebut, Disnaker parepare menggelar rapat koordinasi di kantornya, Selasa, (29/06/21). Kegiatan ini dihadiri semua perwakilan sekolah kejuruan, baik SMK negeri maupun SMK swasta.

Kepala Bidang Penempatan dan Pelatihan Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja Kota Parepare, La Ode Arwah Rahman, menjelaskan, hingga 2021 baru ada tiga sekolah SMK di Parepare dari 13 sekolah kejuruan yang membentuk BKK, yakni SMK Negeri 2, SMK Amsir 1 dan SMK Negeri 1 Parepare.

“Keberadaan BKK atau bursa kerja khusus Yang ada di sekolah-sekolah tadi sekolah menengah kejuruan SMK SMK yang ada di kota Parepare baik negeri maupun swasta tentu sangat penting sekali dalam rangka membantu pemerintah daerah menyalurkan atau memfasilitasi alumni alumni SMK ini.” Jelas La Ode.

Lanjut La Ode, pembentukan BKK di peruntukkan bagaimana kemudian mereka bisa segera terserap di dunia kerja. BKK sendiri merupakan amanah dari peraturan menteri ketenagakerjaan nomor 39 tahun 2016 di mana kemudian dalam amanah peraturan menteri tersebut disebutkan agar kemudian sekolah sekolah menengah kejuruan membentuk BKK terkait ini sudah ada tinggal lanjut dalam bentuk memorandum of understanding antara 3 kementerian yaitu menteri tenaga kerja menteri pendidikan nasional dan menteri riset teknologi dan pendidikan tinggi pada tahun 2016

“Untuk mempercepat pembentukan BKK yang ada di sekolah-sekolah hingga saat ini, BKK yang terbentuk di sekolah menengah kejuruan di kota Parepare baru ada tiga yaitu SMK negeri 1 Parepare, kemudian SMK negeri 2, dan SMK 1 Amsir. kita berharap tentu dari 13 SMK bisa semua membentuk BKK. dan BKK ini bisa eksis. dan bisa fasilitasi para alumni alumni kita anak SMA yang ada di SMK dalam memperoleh pekerjaan termasuk juga melakukan mitra atau mencari mitra di luar sana.” Terang La Ode

Most Popular

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
  • https://radioku.my.id:8243/mesra
  • Radio Mesra Parepare