27.1 C
Pare-Pare
Sunday, July 14, 2024
spot_img

Penilaian Bappeda se-Indonesia, Parepare Tembus 17 Besar Nasional Wakili Sulsel ke Tahap II

PAREPARE, RADIOMESRA. COM — Pemerintah Kota Parepare melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) tersaring masuk 17 besar nasional ajang penilaian Bappeda seluruh Indonesia kategori Kota.

Bappeda Parepare masuk ke penilaian tahap II mewakili Provinsi Sulawesi Selatan. Dan Parepare menjadi satu-satunya dari Sulsel.

Kepastian itu setelah Kepala Bappeda Parepare menerima surat dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional RI perihal Penilaian Tahap II Kota, Presentasi dan Wawancara Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2021 pada 12 Maret 2021.

Hal ini dibenarkan Kepala Bappeda Parepare melalui Sekretaris Bappeda, Zulkarnaen Nasrun. “Iya sudah ada pemberitahuan resmi dari Kementerian untuk Bappeda Parepare mengikuti penilaian tahap II kategori kota. Jadi Bappeda Parepare yang mewakili Sulawesi Selatan, tersaring 17 kota seluruh Indonesia dan masuk tahap II,” ungkap Zulkarnaen.

Dalam surat Kementerian itu berbunyi, Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) merupakan evaluasi pembangunan daerah secara kreatif dan komprehensif melalui 3 tahap utama yaitu penilaian dokumen, presentasi dan wawancara, serta verifikasi.

Penilaian Tahap I Tingkat Kota telah selesai, dan Parepare menjadi salah satu nominasi.

Mengingat risiko penyebaran Covid-19, sehingga penilaian tahap II yakni presentasi dan wawancara akan dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Penilaian tahap II berlangsung 15-22 Maret 2021.

Dalam surat juga diminta kepada Kepala Bappeda dapat berkonsultasi dengan Kepala Daerah untuk membentuk Tim yang akan hadir pada presentasi tersebut. Tim dapat didampingi oleh maksimal 5 orang tim yang kompeten dan dapat berperan aktif membantu menjawab pertanyaan dalam sesi wawancara.

Cakupan penilaian tahap II Kota terdiri atas 22 indikator yang meliputi 3 aspek yaitu pencapaian, perencanaan, dan inovasi.

Penilaian dilakukan oleh 6 Tim Penilai yang terdiri dari 4 orang Tim Penilai Independen (TPI) dan 2 orang Tim Penilai Utama (TPU). (*)

Most Popular

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
  • https://radioku.my.id:8243/mesra
  • Radio Mesra Parepare