24.6 C
Pare-Pare
Sunday, June 16, 2024
spot_img

Parepare Kota Kelima Pengukuhan APRI

PAREPARE, RADIOMESRA. COM – Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) menggelar pengukuhan pengurus cabang di kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Parepare di Jl. Jend. Sudirman Rabu (17/02/21).

Ketua APRI Sulsel, Andi Muhammad Yusuf Hakim mengatakan apresiasi sebesar-besar pada kakan kemenag kota parepare atas perhatiannya selama ini mulai dari pembentukan hingga pengukuhan.

“Pertama-tama kami ucapkan terima kasih sebesar besarnya kepada bapak kepala kantor kementerian agama kota Parepare yang telah berkenan mendukung dan memfasilitasi mulai dari pembentukan sampai kepada pengukuhan pengurus cabang asosiasi penghulu republik Indonesia kota parepare pada hari ini kita berharap semoga ini langkah awal yang baik khususnya bagi teman-teman pada para pengurus Apri kota Parepare dalam roda organisasi program kita ini.” Kata Jusuf.

Lanjut Jusuf, pembentukan APRI merupakan amanat dari PP nomor 17 tahun 2020 dan juga regulasi internal yaitu KMA nomor 7 tahun 2020 yang menegaskan bahwa setiap jabatan fungsional itu wajib memiliki satu organisasi profesi yang mandiri. bukan hanya penghulu semua jabatan fungsional kedepannya akan memiliki satu organisasi profesi termasuk penyuluh dan pengurus pengawas dan sebagainya.

“Alhamdulillah saat ini kita sudah memiliki satu organisasi profesi yang resmi yaitu asosiasi penghulu republik Indonesia terbentuk tanggal 16 Juli 2019 dan saat ini struktur kepengurusan nya mulai dari pusat wilayah sampai cabang kabupaten kota itu sudah terbentuk bahkan di beberapa daerah sudah dilakukan pengukuhan kemarin Makassar Sinjai Bone Maros dan hari ini di kota Parepare. jadi di parepare ini yang kelima pelaksanaan pengukuhan dengan memakai pakaian adat dan penyuluhan yang pertama dihadiri formasi lengkap ketua sekretaris dan bendahara.” jelas Jusuf.

Jusuf menambahkan pembentukan ini tujuannya antara lain yang utama untuk membina dan mengembangkan kompetensi penghulu yang profesional dan berintegritas. jadi diharapkan dengan adanya APRI ini kompetensi penghulu bisa semakin berkembang dan integritasnya semakin meningkat

“Kalau ini dapat terwujud maka ini akan memberikan dampak yang signifikan dalam upaya kita menjaga Marwah kementerian agama. karena kita tahu bahwa penghulu ini adalah salah satu ujung tombak kementerian agama yang berdiri di garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. sehingga kalau penghulu bisa menampilkan wajah yang baik tentu saja efek yang positif pada kementrian agama sebagai instansi pembinanya. yang kedua tujuan pembentukan April ini adalah untuk menjalin persatuan dan kesatuan sesama penghulu. jadi diharapkan dengan adanya APRI ini tidak ada sekat-sekat di antara sesama penghulu baik itu penghulu yang mendapatkan tugas tambahan sebagai kepala KUA maupun penghulu yang tidak mendapatkan tugas tambahan.”Terang Jusuf.

Dalam melaksanakan tugas sebagai penghulu di lapangan semua ungkap yusuf sama bernaung di institusi yang sama yaitu kementerian agama, mereka bernaung di organisasi yang sama yaitu APRI meskipun ada Yang punya tugas tambahan tentu memiliki tanggung jawab tambahan pula. Terbentuknya APRI adalah untuk menampung menyalurkan dan memperjuangkan aspirasi penghulu

Most Popular

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
  • https://radioku.my.id:8243/mesra
  • Radio Mesra Parepare