Sabtu, Februari 4, 2023

Pemkot Gelar Sosialisasi Percepatan Penurunanan Stunting

PAREPARE, RADIOMESRA. COM – Untuk mengawal pelaksanaan program percepatan penurunan stunting melalui pendekatan multisektor, Pemerintah Kota Parepare menyosialisasikan Peraturan Walikota Parepare nomor 45 Tahun 2022, tentang percepatan penurunan stunting.

Kegiatan ini dibuka Asisten I Hj Aminah, dan dihadiri Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Hj Halwatia, Plt Kabag Pemerintahan Setdako Parepare, Munandar Kasim, S.IP., M.Si, Camat dan Lurah, serta Kepala Puskesmas se Kota Parepare, yang dilakukan di Ruang Pola Kantor Walikota Parepare, Rabu (30/11/22).

Dalam sambutannya Wali kota Parepare yang di bacakan Asisten I Hj Aminah mengatakan Pemerintah kota parepare tentunya berkomitmen mempercepat penanganan stunting di Parepare.

“Penurunan stunting penting dilakukan sedini mungkin untuk menghindari dampak jangka panjang yang merugikan seperti pertumbuhan anak. Stunting tidak hanya berkaitan dengan lambatnya pertumbuhan fisik, tetapi juga mempengaruhi perkembangan otak sehingga tingkat kecerdasan anak tidak maksimal. Melalui peraturan walikota ini dimaksudkan untuk memberikan kepastian hukum dan menjadi pedoman dalam upaya percepatan penurunan stunting di kota Parepare. Melalui pengaturan percepatan penurunan stunting diharapkan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, yang baik dan berkualitas dan meningkatkan sumber daya manusia yang sehat cerdas dan produktif, meningkatkan sistem kewaspadaan pangan dan gizi, meningkatkan akses dan mutu pelayanan gizi sesuai dengan kemajuan ilmu dan teknologi serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat.” Ungkap Aminah

Lanjut Aminah, Pemerintah kota mengajak kepada untuk senantiasa bekerja sama dan berkoordinasi dalam upaya penurunan angka ini. Melalui kolaborasi antara SKPD diharapkan dapat mencegah dan menanggulangi stunting di kota Parepare akan berkontribusi positif dalam memenuhi target nasional penurunan angka stunting sebesar 14% tahun 2022 mudah-mudahan di 2024 bisa ditargetkan 10%.

“Mudah-mudahan atas dukungan dan kerjasama kerja keras kita semua saya kira target ini tidak akan bisa capai kalau kita tidak bekerja. Mungkin tugas menurunkan angkatan tim bukan hanya tupoksi jajaran kesehatan, tetapi diperlukan satu kesatuan yang terintegrasi melalui seluruh OPD, camat dan kelurahan termasuk para kepala Puskesmas. Inilah salah satu diterbitkannya surat keputusan walikota, di mana ada tim keterpaduan di dalamnya. Saya kira sudah berbagi upaya yang dilakukan pemerintah kota untuk kegiatan stunting. Karena stunting ini merupakan kegiatan nasional diturunkan sampai provinsi tingkat kabupaten kota. Jadi kita perlu memberikan dukungan penuh dalam upaya menurunkan angka stunting peraturan walikota Parepare ini mengatur peran dari berbagai stakeholder yaitu peran kecamatan dan kelurahan, dalam melakukan koordinasi dan fasilitasi penyediaan data di tingkat penyelenggaraan percepatan penurunan stunting, peran lembaga masyarakat dan kelurahan dalam melakukan sosialisasi tentang dampak penanggulangan stunting. Terima kasih pada komponen masyarakat SKPD dan segenap pemangku kepentingan atas kerjasamanya dan dukungannya dalam upaya penanggulangan dan percepatan penurunan stunting yang dilaksanakan secara holistik, komprehensif integratif dan berkualitas. Pemerintah daerah perguruan tinggi lembaga organisasi kemasyarakatan serta organisasi profesi dan pemangku kepentingan dibutuhkan kerjasama dan dukungan baik antara lembaga hari ini Rabu 30 November 2022 sosialisasi peraturan walikota Parepare nomor 45 tahun 2022 tentang percepatan penurunan stunting.” Harap Wali kota.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,696PengikutMengikuti
20,500PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

  • https://radiomesra.com:8183/mesra
  • Radio Mesra Parepare