Kamis, Desember 1, 2022

Parepare Borong Piala Lomba Berbahasa Daerah, Erna Taufan: Selamat

PAREPARE, RADIOMESRA. COM – Pemerintah Kota Parepare di bawah nakhoda Wali Kota, HM Taufan Pawe kini menikmati buah atas komitmen dalam pemajuan dan pelestarian bahasa ibu (bahasa daerah).

Pada Festival Tunas Bahasa Ibu jilid II tahun 2022, kota kecil bertajuk Kota Cinta BJ Habibie ini kembali mengukir prestasi dengan memborong piala pada semua cabang lomba yang diadakan oleh Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan, baik tingkat SD maupun SMP.

Dalam lomba mendongeng misalnya, utusan terbaik sebagai peraih juara I di tingkat Kota Parepare ini berhasil meraih juara I kategori putra dan juara III kategori putri pada jenjang SMP. Sedangkan di jenjang SD berhasil meraih juara II kategori putra.

Selanjutnya pada lomba puisi Bugis mampu meraih juara 3 kategori putri, dan juara harapan I putra di tingkat SMP, serta juara III puisi putra tingkat SD.

Sementara, pada lomba Pidato Bugis, mampu meraih juara II tingkat SMP dan SD putra, dan harapan I tingkat SD kategori putri.

Pada jilid II ini, Balai Bahasa Provinsi Sulsel juga menggelar lomba stand up Comedy Bugis kategori guru SD. Pada lomba ini, Parepare berhasil meraih juara I.

Komitmen memberikan perhatian penuh dalam pelestarian bahasa daerah yang diwujudkan Parepare ini juga ditunjukkan oleh istri Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, Erna Rasyid Taufan.

Mulai kegiatan lokakarya, pelaksanaan lomba, melepas peserta, hingga memfasilitasi dan mengecek transportasi ditunjukkan oleh Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Parepare ini pada perhelatan Festival Tunas Bahasa Ibu yang digelar 8-11 November 2022 (tingkat SD) dan 13-16 November 2022 (tingkat SMP).

“Melestarikan bahasa daerah adalah tugas kita bersama, bukan hanya di lingkungan pendidikan, tetapi juga keluarga, dan masyarakat,” ujar srikandi yang menggagas sehari dalam sepekan berbahasa daerah di grup WhatsApp PKK Kota Parepare ini.

Kata Erat, Selamat buat anak-anak yang telah berhasil mengharumkan nama Parepare di tingkat Sulsel. Kalian hebat, luar biasa pahlawan kearifan lokal. Terima kasih juga kepada semua yang sudah terlibat mengharumkan nama Parepare di tingkat Sulsel.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, Mustadirham.

“Terima Kasih buat anak-anak hebat, guru hebat, kepala sekolah hebat, dan orang tua hebat yang telah mengharumkan nama Kota Parepare pada Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Puisi, Pidato, Mendongeng Bahasa Daerah Bugis SD/SMP Tingkat Provinsi Sulsel 2022,” ucapnya.

Penyerahan hadiah berupa plakat uang pembinaan dan piala pada juara lomba mendongeng diserahkan oleh Kepala Balai Bahasa Sulsel, Drs. Yani Prayono. Sedangkan hadiah lomba pidato Bugis diserahkan oleh Prof. Dr. Muhlis Hadrawi, S.S., M.Hum., dan lomba puisi diserahkan Dr. Asia Ramli Prapanca, Dosen UNM yang juga Koordinator Juri Puisi.

Adapun prestasi membanggakan yang ditorehkan oleh kontingen Parepare yaitu sebagai berikut.

Tingkat SD

1. Juara 1 Stand Up Komedi kategori Guru SD (Muhlis_SD 47 Parepare)

2. Juara 2 Pidato Putra (Afif Ramadhan-SD 71 Parepare)

3. Juara 2 Mendongeng Putra (Muh. Athar Nhausad Arif-SD 47)

4. Juara 3 Puisi Putra (Muh.Baqir Husein-SD 30)

5. Juara 1 Harapan Pidato Putri (Qonita Rihaadatul Aisyah-SD 5 Parepare)

Tingkat SMP:
1. Juara 1 Mendongeng putra (Fadhil Amir_SMP 2 Parepare)

2. Juara 2 Pidato putri (Tsuraiyyah_SMP 2 Parepare)

3. Juara 3 Mendongeng putri (Awaliyah_SMP 9 Parepare)

4. Juara 3 Puisi putri (Kirana Eka Salsabila_SMP 2 Parepare)

5. Juara 1 Harapan Puisi putra (Fachri_SMP 1 Parepare)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,589PengikutMengikuti
20,300PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

  • https://radiomesra.com:8183/mesra
  • Radio Mesra Parepare