Kamis, Desember 1, 2022

BPJS Kesehatan – Dinas Kesehatan Re-Kredensial di RSUD Andi Makkasau Parepare

PAREPARE, RADIOMESRA. COM – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bersama Dinas Kesehatan Parepare, melakukan A Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Parepare. Tim Re-Kredensial diterima Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUD Andi Makkasau Parepare, dr. Ibrahim Kasim bersama Wakil Direktur Bidang Administrasi dan Keuangan drg. Andi Cenrara, Senin (07/11/22) di aula partemuan lantai dua RSUD Andi Makkasau.

Tim Re-kredensial BPJS Kesehatan, drg.Fitri Indrayani menyampaikan, kegiatan itu rutin dilaksanakan setiap sekali dalam setahun untuk menilai sarana dan prasana dalam rangka memastikan pelayanan kesehatan diberikan ke peserta JKN secara bermutu.

“Hari ini kami ke rumah sakit Andi Makassar untuk melakukan re kredensialing rumah sakit Andi Makkasau menilai fasilitas, sarana dan prasarana apakah bisa sesuai dengan mutu yang standarisasi untuk pelayanan peserta JKN. Ini merupakan kegiatan rutin sebelum kita memperpanjang kontrak kerjasama dengan rumah sakit. Jadi untuk memperpanjang kontrak BPJS kesehatan melakukan penilaian sendiri. Ada kriteria-kriteria tertentu sebenarnya bukan hanya dari fasilitas saja tapi juga dari komitmen apakah dilaksanakan rujuk balik, kemudian penanganan keluhan, apakah sistem sudah terdigitalisasi, sudah ada antrian online, sudah ada display perpindahan medis operatif, display tempat tidur, itu sudah harus terpajang yang bisa membuat pasien itu tidak lama menunggu dan tidak perlu menumpuk di rumah sakit seperti kita lihat di depan di parkiran banyak sekali atau padat. Jadi kita harapkan dengan digitalisasi sistem pasien, tidak terlalu terlihat menumpuk di rumah sakit walaupun jumlah kunjungan itu tetap sama. jadi tidak berkurang bukan berarti mengurangi kunjungan tapi membuat rumah sakit lebih nyaman, kemudian kita akan optimalisasi juga penggunaan aplikasi mobile JKN supaya peserta itu bisa mengantri dari rumah sudah memilih fasilitas yang dituju dan baru datang ketika sudah akan dilayani tidak menumpuk berjam-jam sebelum poli dibuka” Kata drg.Fitri Indrayani

Sementara itu, Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUD Andi Makkasau Parepare, dr. Ibrahim Kasim, usai menerima kunjungan tim menyampaikan, kegiatan re-kredensial itu tentu sangat penting dilakukan sebagai langkah perbaikan sistem pelayanan kesehatan yang lebih maksimal.

“Pada hari ini kami menerima tim dinas kesehatan kota Parepare dan BPJS kota Parepare guna melakukan kredensialing terkait bagaimana proses pelayanan kesehatan terhadap peserta-peserta JKN di rumah sakit. Tentu kami berharap bahwa apa yang selama ini dilakukan sudah maksimal hasilnya, hari ini kami melakukan  bersama terkait beberapa item-item yang dilakukan penilian. Selama ini pelayanan yang kita lakukan sudah ada ketentuan-ketentuan berlaku Alhamdulillah sudah berjalan sesuai apa yang kita harapkan.” Jelas Dr Ibe

Diketahui, kredensial dilakukan untuk melakukan verifikasi terhadap kualifikasi, pengalaman, profesionalisme yang berhubungan dengan kompetensi dan profesionalisme tenaga kesehatan dalam suatu profesi untuk menunjang pelayanan kesehatan yang berkualitas dengan mengutamakan aspek keselamatan pasien khususnya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Parepare.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,590PengikutMengikuti
20,300PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

  • https://radiomesra.com:8183/mesra
  • Radio Mesra Parepare