Minggu, Oktober 2, 2022

Jangan Tulis Dirgahayu dan HUT Begini Lagi, Ya!

Saat Agustus, tulisan seperti ini pasti jamak kita temui: “Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72. Coba, menurut kamu ada yang salah gak dari kalimat tersebut? Gak ada? Wah, bahaya, nih! Kamu juga udah ikut-ikutan salah tampaknya. Penulisan di atas tadi salah banget lho, Feedies. Sebab, yang benar bukan begitu.”

#EdisiBahasa11

RADIOMESRA.COM  – Di bulan Agustus, yang merupakan bulan perayaan kemerdekaan Indonesia, tulisan ucapan “Dirgahayu” dan “HUT” jamak kita temukan. Entah itu di spanduk, brosur, iklan di televisi dan internet, bahkan sampai postingan di media sosial.

Namun kalau diperhatikan betul-betul, ternyata gak sedikit lho yang salah menuliskan ucapan dirgahayu dan HUT ini. Nah, sebagai anak muda yang suka ngaku-ngaku cinta Indonesia, kamu jangan sampai nulis “Dirgahayu” dan “HUT” sembarangan lagi ya, Insan Mesra,
Dirgayahu

Ini salah atau benar, Feedies?

Ini salah atau benar, ?

Kata ini sejatinya merupakan doa dalam bahasa Sansekerta yang artinya harapan berumur panjang. Nah, kamu pasti sering dong mendapati tulisan “Dirgahayu RI ke-72”, “Dirgahayu Kemerdekaan RI ke-72”, atau sejenisnya?

Coba deh kamu telaah lagi. Kalau dirgahayu itu doa, apa kalimat di atas tepat? Yeap, betul! Kalimat tersebut kurang tepat. Kalau mau menuliskan dirgahayu, cukup tulis “Dirgahayu Indonesia” atau “Dirgahayu Republik Indonesia” aja, ya. Dengan begitu artinya akan tepat, yakni semoga Indonesia panjang umur.

HUT

Wah, kalau yang ini slahnya dobel, nih!

Wah, kalau yang ini salahnya dobelnih!

Ini merupakan singkatan dari hari ulang tahun. Salahnya di mana? Kamu pasti sering menemukan tulisan begini, dong: HUT RI ke-72, HUT RI yang ke-72, Selamat Ulang Tahun Indonesia ke-72, dan sebagainya.

Kalau nulis RI ke-72 berarti Indonesia ada 72, dongHmmm, memangnya Indonesia aja berapa biji, ? Kok sampai ada 72 segala? Terus yang sekarang kamu tinggali ini Indonesia yang ke berapa? Nah, lho!

Kalau maksudnya berumur 72 tahun, maka penulisaanya itu: HUT ke-72 RI, bukan HUT RI ke-72. Sebab, yang ada banyak dan terus berulang itu kan umurnya, bukan yang berulang tahun.

Nah, setelah ini jangan salah tulis lagi ya,. Terus, kalau cinta jangan cuma di mulut aja. Buktikan kalau kamu memang cinta Indonesia. Yuk, bagikan ke temanmu biar mereka juga gak salah lagi!

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,508PengikutMengikuti
20,100PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

  • https://radiomesra.com:8183/mesra
  • Radio Mesra Parepare