Senin, Oktober 3, 2022

Kebun Raya Jompie Segera Akan Diresmikan

PAREPARE, RADIOMESRA.COM – Hutan Jompie yang berada di pusat Kota Parepare tidak lama lagi akan beralih status menjadi Kebun Raya Nasional Jompie.

Dinamakan kebun Raya Jompie dikarenakan indikator menjadikannya kebun Raya dengan lima unsur semua sudah terpenuhi.

“lima unsur kriteria di Hutan Jompie sudah terpenuhi diantaranya sebagai tempat konservasi, penelitian, pendidikan lingkungan, ekowisata dan jasa lingkungan, dan pada Akhir November 2017 kita akan launching,” ” Jelas Deputi Ilmu Pengetahuan LIPI, Eny Sudarmono usai menggelar pertemuan dengan Wali kota Parepare, HM. Taufan Pawe. Selasa (29/8/2017).

Eny Sudarmono menambahkan, Hutan Jompie Kota Parepare dipilih untuk dilakukan pembenahan dibawah pengawasan kebun Raya Bogor bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dikarenakan Komitmen yang diperlihatkan Pemerintah Kota Parepare.

Selain komitmmen yang diperlihatkan Pemerintah Kota, Eny juga menambahkan, factor Clear and Clean serta penyediaan lahan terbuka hijau (RTH) juga menjadikan alasan Hutan Jompie untuk dijadikan kebun raya.

Emy juga menambahkan Hutan jompie sekarang ini yang telah dilakukan pembenahan yang didalamnya terdapat menara pandang, rumah kompos, Taman tematik kering dan Taman hias dan Taman palem.

Terkait pengelolaan yang akan diambil alih oleh Pemerintah Kota Parepare Emy mengharapkan dalam pengelolaan untuk melakukan manajemen dengan baik dan melakukan inovasi dalam pengembangan dan pengelolaanya kedepan.

“Kerja sama untuk pembangunan kebun raya, kita sudah punya MoU dengan Kementrian PUPR, otomatis ada pembangunan fasilitas. Kami melihat itu sudah cukup banyak,”jelasnya.

Selain itu Kebun Raya Jompie, kata dia, memiliki ciri khas yang tidak ada di daerah lain. Salah satunya adanya tanaman pesisir yang tumbuh atau Wallacea.

“‎Flora yang ada di kebun raya jompie ini tidak ditemukan di daerah lain itu yang menjadi cirikhas. Intinya telah memenuhi unsur kebun raya,”katanya.

Menurut dia, kebun raya jompie yang memiliki luas 13,5 hektar dan terletak di tengah kota, menjadi asset pemkot Parepare yang perlu diangkat.

Selain itu, kata dia, Kebun raya Jompie dipilih LIPI karena Pemerintah kota Parepare, punya komitmen kuat dalam membangun dan mengembangkan Daerahnya

“Banyak pengajuan dari daerah lain, namun kami pilih kota Parepare karena pemerintahnya punya komitmen kuat dalam membangun dan mengembangkan kota,”ungkapnya.

Sementara itu, Wali kota Parepare, HM. Taufan Pawe, ‎menganggap hal itu menjadi sebuah kebanggaan masyarakat Parepare.

Sehinga Taufan berharap seluruh masyarakat mampu menjaga dan merawat Kebun Raya Jompie ‎nanti agar dapat memberi manfaat.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,511PengikutMengikuti
20,100PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

  • https://radiomesra.com:8183/mesra
  • Radio Mesra Parepare