Sabtu, Oktober 1, 2022

Dokter Cantik Berikan Tips Buat Calon Jamaah Haji

Radio Perekat NKRI, Satu Suara Berjuta Telinga

PAREPARE, RADIOMESRA.COM – Sebentar lagi Umat muslim di seluruh Dunia akan melaksanakan ibadah Haji.

Untuk mencegah berbagai penyakit diharapkan para jamaah menggunakan masker saat berpergian.

Selain itu, para jamaah juga harus memperhatikan etika ketika batuk atau bersin.

Dr. Nevy Shinta Damayanti mengatakan, Ketika kita batuk atau bersin, terjadi pelepasan virus atau kuman yang berasal dari sistem pernafasan di dalam organ tubuh kita. Pada sebuah penelitian, kecepatan material yang dikeluarkan akibat bersin itu sekitar 100 miles/hour.

“Namun material tersebut (semprotan air ludah , kuman, virus,) tidak terlihat oleh kita,”katanya.

Nevy menuturkan, Dengan banyaknya kuman/virus/bakteri yang keluar dan tingginya kecepatan geraknya, maka kemungkinan besar orang yang menghirup udara yang terkontaminasi akan tertular dengan virus tersebut.

“Pelepasan kuman atau virus tersebut berlangsung dari tubuh kita keluar ke udara bebas. Akibat dari pelepasan ini, terjadilah kontaminasi udara di sekitar kita,”jelas Dokter Cantik asal Surabaya ini.

Lebih lanjut, Udara tercemar oleh virus atau kuman yang berasal dari tubuh kita.

Nevy menambahkan, Jika ada orang lain yang menghirup udara yang telah terkontaminasi itu, dan dalam kondisi yang tidak fit, maka orang tersebut dapat tertular penyakit yang diakibatkan oleh virus atau kuman yang berasal dari tubuh kita, sehingga kita harus mempunyai etika ketika sedang batuk dan batuk dan bersin.

“Tujuan utama dari etika batuk dan bersin, Untuk mencegah penularan penyakit pernafasan, dan, Untuk menghentikan penyebaran kuman/virus yang membuat kita dan orang lain sakit,”jelasnya.

Diharapkan para jamaah haji untuk mengetahui cara Etika batuk dan bersin dengan benar.

“Caranya adalah, Menutup hidung dan mulut dengan lengan dalam baju ketika tidak ada tisu atau sapu tangan, Membuang tissue yang sudah dipakai ke dalam tempat sampah, Cuci tangan dengan menggunakan air bersih dan sabun, Menggunakan masker jika batauk atau bersin berlanjut,”kata Nevy

Untuk cuaca sendiri, kata Nevy, Panas Saat ini mencapai kisaran 45 derajat. Jamaah diharapkan memakai alas kaki saat keluar.

“Semprot air zamzam ke muka dan dibasahi penutup hidung supaya lembab, Minum air putih Dan Makan banyak buah ,”imbuhnya.

Reporter “Abod”-

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,508PengikutMengikuti
20,100PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

  • https://radiomesra.com:8183/mesra
  • Radio Mesra Parepare