Kamis, September 29, 2022

Pemberdayaan UKM, serta Pengganguran Menjadi Konsen Tasming Hamid

Radio Perekat NKRI, Satu Suara Berjuta Telinga

PAREPARE, RADIOMESRA.COM– Bakal calon Wali Kota Parepare H Tasming Hamid, SE., MH., mengikuti proses uji publik yang dilakukan Partai Demokrat di Restoran Dinasty, 28 Juli. Uji publik merupakan rangkaian mekanisme yang dijalankan partai berlambang Mercy tersebut dalam menyeleksi calon kepala daerah yang akan diusung pada pilkada 2018 nanti. Dalam kesempatan tersebut, Tasming menohok salah satu isu krusial yang ada di Parepare.

“Kehadiran saya untuk ikut berkompetisi di Pilkada Parepare, salah satu dasar terkuatnya adalah ingin menyelesaikan keluhan masyarakat terkait pengangguran,” ujar TSM, sapaan dari Tasming Hamid.

Menurut TSM, data BPS menunjukkan angka pengangguran tiga tahun belakangan selalu mengalami peningkatan. Angka pengangguran di Parepare pada 2014 berada pada angka 7,06 persen dan pada 2015 mengalami kenaikan menjadi 8,48 persen. Data tahun ini tak menutup kemungkinan akan kembali mengalami kenaikan karena jumlah pencari kerja yang juga terus bertambah.

“Saya memiliki data riset persepsi publik di awal tahun ini. Tiga puluh persen lebih masyarakat kita mengeluhkan soal ketersediaan lapangan kerja. Keluhan tersebutpun tersebar secara dominan di empat kecamatan. Ini problem serius yang harus diatasi. Kalau akses masyarakat terhadap pekerjaan sulit, maka tak menutup kemungkinan akan berimbas pada aspek sosial lainnya,” papar Ketua Umum HIPMI Kota Parepare tersebut.

Oleh karenanya, salah satu solusi yang ingin ditawarkan politikus berlatar belakang pengusaha tersebut adalah menciptakan ruang kesempatan bekerja seluas-luasnya.

“Kita perlu mapping (memetakan) lahan pekerjaan yang mengalami defisit/surplus pekerja. Kita harus melakukan penyederhaan izin usaha agar dapat menyerap tenaga kerja (reformasi birokrasi). Lantas kita perlu ciptakan pusat-pusat kewirausahaan (enterpreneurship center) di setiap kelurahan. Di situ pengangguran diberi pelatihan keterampilan. Kita juga berikan stimulus pada pengusaha muda agar dapat berkembang serta memberi bantuan modal dan pengembangan usaha untuk UMKM sebagai penyerap tenaga kerja,” tandasnya.

Tasming Hamid menjadi salah satu dari sepuluh bakal calon yang ikut uji publik di Demokrat. Uji publik menghadirkan tamu undangan yang merupakan representasi dari berbagai kalangan masyarakat. Bakal calon juga dihadapkan pada tiga panelis yang telah diseleksi oleh desk pilkada Partai Demokrat.

(Sumber : PAREPOS.CO.ID,PAREPARE*)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,506PengikutMengikuti
20,100PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

  • https://radiomesra.com:8183/mesra
  • Radio Mesra Parepare